Hyundai Sedang Mengembangkan Teknologi Setir Lipat, Ini Kelebihannya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 21 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pabrikan otomotif saling pamer teknologi melalui mobil nirsopir atau otonom. Biasanya mobil purwarupa tersebut dipadukan dengan tenaga alternatif dan juga berbagai teknologi canggih. Namun, Hyundai rupanya memiliki pendekatan yang berbeda. Melalui perusahaan spare partnya yakni Hyundai Mobis, baru saja mengumumkan akan meluncurkan setir lipat.

Setelah melewati proses pengembangan selama dua tahun, roda kemudi tersebut nantinya ditujukan untuk kendaraan otonom masa depan dan sudah dipatenkan oleh Hyundai secara global. Jadi bagi perusahaan otomotif manapun yang ingin menggunakan setir lipat untuk kendaraan otonomnya sudah pasti merupakan teknologi dari Hyundai Mobis. Pastinya teknologi setir lipat ini juga akan digunakan pada kendaraan otonom keluaran Hyundai seperti IONIQ 5 yang saat ini tengah melakukan pengujian jalan raya.

Pengoperasian setir lipat nantinya dapat bergerak maju dan mundur 25cm dari dalam ruang penyimpanannya di ruang dashboard. Selain itu, saat tidak digunakan dan dilipat ke dalam ruang penyimpanan akan menghasilkan lebih banyak ruang di area kursi pengemudi. Saat ini Hyundai Mobis tengah melakukan pengajuan hak paten global agar seluruh pabrikan mobil dunia bisa menggunakan perangkat kemudi tersebut di kendaraan otonomnya.

“Hyundai Mobis lebih dari sekadar menafsirkan kembali teknologi yang ada dan malah mengembangkan teknologi suku cadang yang berlaku untuk mobil masa depan dengan cara yang benar-benar baru. Kami akan terus mengembangkan inovasi berorientasi masa depan berdasarkan pengetahuan kami tentang teknologi inti,” kata Jang-don Choi, Direktur Pelaksana Sasis dan Keselamatan di Hyundai Mobis, dilansir dari Liputan6.com (19/10/2021).

Canggih

Dalam pengembangannya, Hyundai Mobis merancang bagian inti pada lingkar kemudi dengan sistem yang serba baru termasuk layout setir, sistem pengaturan, kolom kemudi hingga mekanisme rel geser. Selain itu, Hyundai Mobis juga menggunakan material yang berorientasi untuk ketahanan dan keandalan setir di dalam kendaraan.

Kemudi roda keluaran Hyundai ini juga kompatibel dan dapat menggunakan sistem steering by wire. Pengaturan steering by wire sendiri merupakan teknologi yang menyambungkan antara setir ke ban melalui sinyal elektronik. Dengan adanya teknologi setir lipat ini Hyundai Mobis percaya dapat memberikan performa yang baik juga untuk kendaraan yang menggunakannya. Keunggulan lain yang terdapat pada setir Hyundai Mobis ini juga dapat menimalisir getaran di lingkar kemudi yang disebabkan oleh mesin dan gesekan ban.

Sementara itu, terdapat satu set sensor dan ECU yang dibuat ke dalam sistem untuk memastikan bahwa setiap kendaraan dapat terus menyetir sendiri jika terjadi keadaan darurat. (Uli)