HUT DPR Saat Pandemi, Istri Anggota Parlemen Membagikan Ribuan Masker

FOTO: Viva.co.id/indolinear.com
Kamis, 17 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ulang tahun ke-75 DPR pada 2020 ini dilaksanakan dengan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat pandemi COVID-19 masih terjadi, sehingga acara yang biasa digelar meriah dan juga diiringi acara-acara lain dalam bentuk bakti sosial di luar, ditiadakan.

Yang turut merayakan adalah organisasi yang tergabung dalam Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR. Kali ini targetnya tidak ke mana-mana, tetap di DPR. Ibu-ibu istri anggota dewan ini, membagikan wastafel umum untuk cuci tangan, ribuan masker, dan hand sanitizer di dalam kompleks DPR. Penerapan protokol kesehatan, menjadi yang utama dilakukan.

Ketua PIA DPR Tri Hatmanti Utut Adianto, mengakui kalau kegiatan mereka ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, ini terpaksa dilaksanakan, lantaran pandemi masih terjadi di Tanah Air.

“Meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19, PIA tetap ikut memperingati HUT DPR RI sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya dengan acara bakti sosial yang kali ini mengambil tema PIA Melawan COVID-19 di Lingkungan Gedung DPR RI,” katanya dalam siaran persnya, dilansir dari Viva.co.id (16/09/2020).

Wastafel yang digunakan untuk cuci tangan, diharapkan setiap orang yang berada di dalam kompleks ini tidak susah mencari tempat cuci tangan. Mengingat hal itu menjadi salah satu protokol kesehatan selain menggunakan masker dan menjaga jarak.

Alat itu diserahkan langsung kepada Deputi Persidangan Setjen DPR RI Damayanti. Ikut mendampingi antara lain Wiwin Agung Budi Santoso, Ike Soelistio, Nurul Andre Rosiade, dan Cynthia Imron Amin.

Ribuan masker dan hand sanitizer turut dibagikan. Yakni kepada para pegawai, petugas kebersihan dan keamanan dalam (pamdal) DPR. Menurut Tri, tujuannya adalah untuk mengampanyekan kepada seluruh pegawai di lingkungan DPR selalu mengenakan masker, sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, serta tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing.

“Baksos ini juga untuk mengajak seluruh pegawai di lingkungan DPR berdisiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19,” katanya.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso, mengapresiasi baksos yang dilaksanakan PIA tersebut. Menurutnya, penempatan wastafel untuk cuci tangan di tempat strategis di Kompleks Parlemen merupakan upaya yang sangat membantu Setjen DPR.

“Dengan adanya tambahan lima buah tempat cuci tangan atau hand washer di titik-titik yang sering dilalui orang, maka secara langsung hal ini membantu Setjen DPR RI dalam memutus rantai penyebaran COVID-19. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat positif ini,” ujar Agung.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar juga menilai, apa yang dilakukan ini turut membantu pihaknya dalam upaya melaksanakan protokol kesehatan kepada siapa saja yang berada di lingkungan parlemen ini.

“Setjen DPR akan ikut menjaga dan merawat bantuan (wastafel) yang diberikan oleh PIA,” tuturnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: