Hotel Di Bekasi Siapkan Kamar Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

FOTO: radarbekasi.id/indolinear.com
Kamis, 24 September 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Setelah memfungsikan Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi juga mulai menyiapkan ruang isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di sejumlah hotel.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya mendapatkan arahan dari BNPB terkait penggunaan fasilitas hotel untuk tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19.

“Menindaklanjuti arahan BNPB, pagi tadi saya ketemu pimpinan dari PHRI (Persatuan Hotel & Restoran Indonesia). Saya sampaikan, kalau ada perburukan kasus di wilayah ini maka disamping pakai aset daerah, fasilitas hotel diminta disiapin juga. Nah, saat ini sudah ada Green Hotel yang mengaku siap,” kata Rahmat, dilansir dari Radarbekasi.id (23/09/2020).

Menurutnya, terkait kesiapan Green Hotel ini pihaknya pun sudah cek ke lokasi, dan menurutnya tempat ini cukup representatif menindaklanjuti arahan BNPB.

Untuk kapasitasnya, kata dia, di tempat itu bisa tampung sebanyak 90 orang dari kamar yang tersedia, dimana masing-masing itu ada yang single bed dan doubel bed.

“Nah, kita belum tahu apakah nanti bisa dalam satu kamar itu diisi oleh dua orang, kalau bisa artinya dapat lebih 90 orang kapasitasnya, tinggal nanti kita pasang sekat. Jadi, untuk hal ini tergantung dari BNPB saja,” paparnya.

Lebih jauh, diakui Rahmat, pihaknya pun kini sudah minta manajemen di Green Hotel untuk segera membuat surat, atau semacam proposal yang ditujukan ke BNPB, sementara dari Pemkot Bekasi akan siapkan untuk penyediaan tenaga medis dan alat yang dibutuhkan buat persiapan di tempat tersebut.

“Nah, tentu jika ini beroperasi butuh tenaga medis, termasuk alat-alat yang diperlukan. Apalagi kapasitas disini bisa sampai 90 orang, jadi ini butuh ruang kegawatdaruratan juga pastinya. Untuk hak dan kewajiban soal biaya, itu nanti dibahas lewat perjanjian kerjasama antara Green Hotel dan BNPB ya bukan daerah,” tandasnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: