Honda Mulai Patenkan Desain Airbag Untuk Sepeda Motor

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 25 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Teknologi airbag di kendaraan memang menjadi salah satu komponen wajib untuk memberikan keselamatan bagi pengendara. Namun, saat ini komponen keselamatan tersebut hanya diaplikasikan pada kendaraan roda empat atau lebih.

Namun, saat ini pabrikan sepeda motor Honda mulai mematenkan desain untuk aspek keselamatan. Honda memperkenalkan paten baru yang menunjukkan bahwa merk tersebut sedang mengerjakan sistem airbag bergaya tirai.

Menariknya, pada paten yang diajukan tersebut Honda menggunakan model skutik PCX sebagai model yang ditampilkan. Ini berbeda dari paten yang pernah diajukan, karena saat itu Honda menggunakan model Gold Wing sebagai ilustrasinya.

Namun, berdasarkan laporan dari rideapart, sistem airbag baru ini mungkin tidak sekuat airbag Gold Wing yang layak digunakan untuk mobil, tetapi langkah-langkahnya harus sesuai dengan kecepatan lalu lintas perkotaan yang lebih rendah.

Dalam memamerkan paten barunya ini, Honda, memiliki tiga rencana desain yang akan ditampilkan. Mereka pun menjabarkan dengan detail perihal ketiga rencana desain paten airbag tersebut, dilansir dari Liputan6.com (23/06/2021).

Spesifikasi Detail Airbag untuk Motor Honda

Desain pertama yang dipatenkan adalah menampilkan komponen berbentuk U yang mencakup pada panel instrumen. Komponen ini diletakkan di depan setang, dan windshield.

Nantinya, airbag tersebut akan mengembang di antara pengendara dan windshield sehingga dapat memberikan pengaman saat terjadi kecelakaan.

Desain kedua, Honda juga memberikan ide untuk menyembunyikan airbag tersebut di bawah panel instrumen sehingga komponen tersebut tidak dapat dilihat dan pandangan.

Untuk mengakomodasi kantung udara yang mengembang, desainnya juga dilengkapi windshield yang dapat diputar yang bergeser ke depat saat kantung udara mengembang.

Sementara desain ketiga, Honda akan membenamkan modul airbag dipasang langsung di setang. Paten yang ditampilkan ini juga mencakup tabung inflasi eksternal yang menghubungkan unit airbag ke sensor tabrakan.

Sementara desain ini dapat menempatkan airbag paling dekat dengan pengendara, itu juga menghadirkan hambatan kemudi yang tidak ada dalam paten lainnya. (Uli)

loading...