Honda Menyiapkan Dua Mobil Listrik Terbaru, Bakal Debut Di Tiongkok

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 6 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Dongfeng Honda, yang merupakan perusahaan patungannya di Cina telah mengumumkan akan menjual mobil listrik terbarunya, Honda e: NS1 dan NP1. Kedua model kendaraan ramah lingkungan ini, sejatinya adalah versi listrik dari Honda HR-V generasi ketiga yang sudah dijual di Thailand dan Indonesia.

Kendaraan listrik asal Negeri Matahari terbit ini muncul pertama pada Oktober 2021 bersama dengan berbagai konsep listrik di bawah nama Seri e:N, dilansir dari Liputan6.com (04/05/2022).

Berdasarkan keterangan resmi dari perusahaan, model ini mengadopsi baterai motor elektrik yang mampu digunakan untuk berkendara sejauh 510 km (berdasarkan standar dari China CLTC).

Ada laporan bahwa basis e:NS1 akan ditenagai oleh motor listrik dengan berkekuatan 182 PS dan torsi maksimum 310 Nm, dengan baterai lithium-ion 53,6 kWh, yang memberikan jangkauan sejauh 420 km.

Sedangkan untuk rentang 510 km berasal dari model dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 204 Ps, dengan kapasitas baterai yang memiliki sebesar 68,8 kWh.

Teknologi dan konektivitas sangat penting di pasar Cina, dan Honda e:NS1/e:NP1 akan menampilkan fitur terbaru yang tersedia di sana, termasuk Honda Connect 3.0 yang dikembangkan secara eksklusif untuk mobil listrik, dengan tampilan layar sentuh tengah mirip dengan tesla dengan ukuran 15,1 inch.

Terbaru, di sektor keselamatan ada fitur Driver Monitoring Camera (DMC), yang mendeteksi pengemudi yang lalai dan mengantuk.

Sementara itu, peluncuran mobil listrik ini sesuai dengan arahan visi Honda Motor Co., Ltd yang meluncurkan 10 model berbasis listrik untuk pasar domestik Cina pada 2027.

Tidak hanya dalam hal pengembangan produk baru saja, tapi juga dari segi branding, Honda akan menambahkan label e: N di seluruh diler yang ada di Cina.

Dari segi infrastruktur, Dongfeng Honda dan GAC Honda sedang mempersiapkan pabrik baru yang khusus diperuntukkan untuk merakit mobil listrik.

Fasilitas perakitan baru tersebut dijadwalkan akan mulai beroperasi pada 2024.

Hasil Uji Tabrak All New Honda HR-V

Untuk melihat tingkat keselamatan All New Honda HR-V, para penguji dari Euro New Car Assessment Programme (NCAP) baru-baru ini melakukan uji tabrak.

All New Honda HR-V yang diuji benturan mempunyai spesifikasi yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Mobil ini mempunyai mesin hybrid dan secara standar sudah dilengkapi 6 airbags.

Pengetesan yang dilakukan termasuk keselamatan untuk penumpang dewasa, anak-anak, pejalan kaki dan sistem keselamatan aktif Honda Sensing bawaannya.

Dari hasil uji tabrak Euro NCAP, All New Honda HR-V mendapatkan 4 bintang. Pada dasarnya mobil ini mempunyai tingkat keselamatan yang baik untuk orang dewasa. Hanya saja pelindung benturan samping dinyatakan pas-pasan. (Uli)