Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Ini Tanggapan AHM

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 20 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Honda Forza 350 resmi mengaspal di Thailand. Tak ada perubahan signifikan dari sisi fisik, namun mesinnya tentu lebih bertenaga.

Di Thailand, Honda Forza sebelumnya mengusung mesin 1-silinder 279 cc bertenaga 24,6 Tk dan torsi 27 Nm. Sedangkan model terbarunya dibekali dapur pacu berkapasitas 329,6 cc. Hanya saja, besaran tenaga dan torsinya masih belum diumumkan.

Honda Forza model sebelumnya juga dikirim ke Indonesia dan dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Lantas, apakah Honda Forza ini juga akan masuk ke pasar otomotif Tanah Air dalam waktu dekat?

“Untuk saat ini kami belum ada rencana ya menghadirkan Honda Forza 350 ke Indonesia. Kami masih fokus memasarkan Honda Forza model yang sekarang,” terang Rina Listiani, Corporate Communication PT AHM, dilansir dari Liputan6.com (18/07/2020).

Mesin Berbeda

Sekadar informasi, Honda Forza versi Indonesia mengusung mesin yang berbeda dengan Thailand. PT AHM menghadirkan kubikasi dapur pacu yang lebih kecil, tepatnya 1-silinder 249,01 cc. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga yang juga lebih rendah, sebesar 23,5 ps dengan torsi maksimum mencapai 24 Nm.

Meski demikian, tak ada perbedaan pada fiturnya. Honda Forza di Indonesia juga dibekali dengan Honda Smart-key, electrically-adjustable windshield, serta Honda Selectable Torque Control untuk mencegah ban belakang selip saat melibas jalanan basah atau pun licin.

Berbasis Honda Forza, ADV300 Diisukan Rilis Akhir Tahun

Dunia roda dua, baru saja dibuat heboh oleh kemunculan ADV150. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen, sukses menyajikan skutik genre baru.

Melalui tampang yang lebih jantan ketimbang skutik biasa, produk ini mewarnai persaingan di segmen premium 150 cc. Wajar jika animonya positif.

Ditandai dengan pemesanan yang mencapai ribuan unit. ADV150 juga menjadi buah bibir di berbagai negara.

Tak hanya itu, angin segarpun terasa ke negara lain. Utamanya saat AHM mengumumkan, skutik itu juga bakal diekspor. Kendati, mereka belum mengumumkan negara tujuannya.

Tampaknya belum dalam waktu dekat, mengingat pasar domestik jelas jadi prioritas. Jadi, calon peminang di luar Indonesia wajib bersabar.

Namun gosip anyar merebak terkait skutik bergaya adventure ini. Hanya saja, kabar itu bukan dari AHM. Sebuah media asal Vietnam, Motosaigon.vn menuliskan dugaan keberadaan Honda ADV300.

Menurut mereka ADV300 mengadopsi penuh desain ADV150. Bisa dikatakan, tak ada perbedaan. Bedanya cuma di mesin.

Sumber serupa menyebut, Honda ADV300 menggunakan basis mesin Honda Forza 300. Sama-sama SOHC berkapasitas 279 cc. Tenaganya mencapai 25 Hp di 7.000 rpm dan torsi 27,2 Nm pada putaran 5.750 rpm.

Perbedaan sudah pasti terletak pada desain. Forza tampil elegan, sementara ADV disajikan atraktif dan dinamis. Pembeda lainnya ada pada impresi berkendara. Forza 300 diposisikan sebagai cruiser, mengejar kenyamanan di aspal.

Nah, ADVpun demikian. Tapi, dia bisa diajak sedikit ‘nakal’ ke luar aspal. Apalagi sudah dilengkapi stang fat bar dan ban semi dual purpose. (Uli)

loading...