Himbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan, Satpol PP Tangsel Lakukan Operasi Masker

FOTO: sopy/indolinear.com
Rabu, 16 September 2020
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah menerapkan sanksi administrasi denda Rp 50 ribu bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Oleh sebab itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel bersama dengan jajaran Polres Kota Tangsel dan Koramil melakukan Operasi Masker di sejumlah ruas jalan pada Rabu, 16 September 2020.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memberikan kewenangan penuh kepada Satpol PP dalam menindak warga yang melanggar protokol kesehatan dengan memberikan sanksi sosial hingga administrasi.

“Kepada Satpol PP, silahkan terapkan sanksi yang sesuai dengan aturan yang ada. Ini untuk menekan penyebaran COVID-19. Jangan hanya diberikan sanksi menyanyi lagu nasional tapi tak menumbuhkan kesadaran dalam menggunakan masker,” ujar Wali Kota Airin.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Tangerang Selatan kedepannya akan menggalakkan gerakan membagi masker kepada warga. Meski sebagian besar warga sudah memiliki masker, tetapi masih ada yang enggan bahkan lupa menggunakannya. Padahal, memakai masker adalah kebiasaan baru saat ini.

Kemudian, dari hasil pantauan di lapangan selama PSBB dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan, ternyata penerapan protokol kesehatan kepada warga tak hanya pada urusan memakai masker saja tetapi juga menjaga jarak dan sering mencuci tangan.

Karena, penyebaran virus COVID-19 bisa melalui droplet yang menempel pada barang saat seseorang melepaskan maskernya. “Sehingga perlu diingatkan lagi mengenai program 3M ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Benyamin Davnie sebelumnya mengatakan, penerapan sanksi administrasi ini bukan bertujuan mengumpulkan dana dari sanksi yang ada. Meski nantinya uang tersebut masuk dalam PAD tetapi meningkatkan kesadaran warga adalah hal yang penting.

“Dengan sanksi seperti ini maka diharapkan warga agar mematuhi protokol kesehatan dan mencapai apa yang diharapkan,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan yakni Deden Deni mengatakan, masyarakat saat ini harus kembali meningkatkan PHBS dalam kehidupannya seiring adanya peningkatan kasus secara nasional.

Meski di Kota Tangerang Selatan masuk dalam kategori orange tetapi harus tetap waspada terkait penularan. Apalagi aktifitas warga saat ini sudah tinggi dan perlu adanya batasan dalam menjaga jarak ketika dalam suatu lokasi.(sopy)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: