Heboh Petugas Kebersihan Mal Mengeringkan Pel Di Mesin Pengering Tangan

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 8 Oktober 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Karena itu menjaga kebersihan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baru-baru ini viral di Twitter sebuah foto seorang petugas kebersihan di sebuah mal di Malaysia mengeringkan alat pel dengan mesin pengering tangan.

Foto yang diunggah oleh akun Jia di @jiohjia itu langsung mendapatkan respons dari netizen yang merasa jijik dengan tindakan petugas kebersihan itu.

” Aku tidak akan memakai mesin pengering tangan model begini setelah melihatnya dengan mata kepala sendiri. Benar-benar tidak bisa diterima dan sangat menjijikkan,” tulis Jia, dilansir dari Dream.co.id (07/10/2019).

Mereka pun ramai-ramai mempersoalkan kebersihan dan efektivitas sebagian mesin pengering tangan yang disediakan di toilet-toilet mal.

Banyak Yang Tak Tahu

Jenis mesin pengering tangan yang disediakan toilet-toilet di mal banyak. Beberapa di antara mesin pengering tangan itu justru menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Seorang netizen menjawab kicauan Jia itu. Dia mengatakan ada satu jenis mesin pengering tangan yang memang tidak higienis.

Terlepas dari apa yang dilakukan petugas kebersihan, jenis mesin pengering tangan yang dipakai mengeringkan alat pel memang tidak bersih.

” Sama seperti toilet duduk. Aku selalu merasa geli jika memakai mesin pengering tangan jenis ini. Pakai tisu atau mesin pengering tangan yang meniupkan angin ke bawah tanpa menyentuhnya,” tulis netizen itu.

Pengering Tangan Hanya Akan Menambahkan Kuman

Seorang netizen malah mengungkapkan bahwa ada kajian yang membuktikan jika mesin pengering tangan hanya akan menambahkan kuman.

Dia menyarankan untuk memakai tisu setelah mencuci tangan di toilet mal. Dia bahkan mengatakan selama ini orang-orang tertipu dengan teknologi mesin pengering tangan.

” Mesin pengering tangan sebenarnya hanya akan menambahkan kuman. Sebaiknya memakai tisu setelah mencuci tangan,” kata akun Fariqh Official di @raito5235.

Fariqh berani mengklaim hal itu karena dia dan teman-temannya di Science Allied pernah melakukan penelitian tentang mesin pengering tangan.

Membuat Laporan ke Pengelola Mal

Netizen yang lain mengatakan dia tak pernah memakai mesin pengering tangan seperti yang ada di foto yang dibagikan Jia.

Dia hanya memakai mesin pengering tangan yang meniupkan angin ke bawah karena tangan kita tak perlu menyentuh permukaannya.

Setelah kasus petugas kebersihan mal mengeringkan alat petugas dengan mesin pengering tangan viral, Jia membuat laporan ke pengelola mal.

Dia berharap pihak pengelola memerhatikan dan menindaklanjuti laporan yang dibuatnya itu. (Uli)