Heboh Nelayan Tangkap Ikan Raksasa Langka Berusia 100 Tahun

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 31 Mei 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Nelayan asal Kanada, Yves Bisson, menangkap ikan langka di Sungai Fraser, dekat Chilliwach, British Colombia, pada Minggu 6 Maret 2022. Ikan sturgeon itu diyakini telah berumur lebih dari seratus tahun.

Bisson, yang memiliki perusahaan pemandu memancing, memperkirakan sturgeon itu panjangnya kira-kira 10 kaki atau sekitar 3 meter. Sementara beratnya diperkirakan mencapai 600 pon atau 272 kilogram.

Ada sekitar 27 spesies sturgeon di seluruh dunia. Lebih dari setengahnya dikategorikan terancam punah. Sturgeon telah ada sejak zaman dinosaurus tetapi sekarang terancaman karena penangkapan ikan yang berlebihan dan habitatnya mulai rusak.

Ikan sturgeon juga dipanen untuk telurnya, yang digunakan untuk kaviar, dilansir dari Dream.co.id (29/05/2022).

Sturgeon putih, yang mendiami Sungai Fraser, merupakan ikan air tawar yang paling lama hidup dan terbesar di Amerika Utara. Sturgeon di wilayah itu dapat hidup selama satu abad dengan panjang mencapai 20 kaki atau sekitar enam meter.

Dalam video yang diunggah ke media sosial, Bisson terlihat sedang menyeret ikan besar itu melalui air dangkal. ” Kami hanya bisa menandainya, jadi mungkin tidak pernah tertangkap,” kata Bisson.

Dia kemudian melepaskan kembali sturgeon itu ke sungai. ” Tidak nyata,” katanya, sambil berenang menjauh.

Sturgeon putih yang ditemukan di Sungai Fraser ditandai oleh Fraser River Sturgeon Conservation Society, sebagai bagian dari program untuk melacak populasi dan kesehatan spesies tersebut. Menurut masyarakat, populasi sturgeon putih di Sungai Fraser jauh lebih kecil ketimbang dulu.

Bisson secara teratur memindai dan menandai sturgeon sebagai bagian dari program tersebut. seekor ikan sturgeon besar berusia 100 tahun telah ditangkap di British Colombia, Kanada—dan dibuang kembali ke sungai.

Yves Bisson melakukan tangkapan yang sangat langka pada 6 Maret di Sungai Fraser, dekat Chilliwack. Bisson, yang memiliki perusahaan pemandu memancing, memperkirakan bahwa sturgeon itu pasti berusia satu abad. Dia mengatakan panjangnya kira-kira 10 kaki dan beratnya 600 pon.

Ada sekitar 27 spesies sturgeon di seluruh dunia dan lebih dari setengahnya diklasifikasikan sebagai terancam punah. Sturgeon telah ada sejak zaman dinosaurus tetapi sekarang menghadapi banyak ancaman dari penangkapan ikan yang berlebihan dan hilangnya habitat. Mereka juga dipanen untuk telurnya, yang digunakan untuk kaviar.

Ikan sturgeon putih, yang mendiami Sungai Fraser, adalah ikan air tawar yang paling lama hidup dan terbesar di Amerika Utara. Mereka dapat hidup selama satu abad dan telah ditemukan panjangnya mencapai 20 kaki.

” Kami hanya bisa menandainya, jadi mungkin tidak pernah tertangkap,” katanya.

Bisson kemudian melepaskan sturgeon itu kembali ke sungai. ” Tidak nyata,” katanya, sambil berenang menjauh.

Sturgeon putih yang ditemukan di Sungai Fraser ditandai oleh Fraser River Sturgeon Conservation Society, sebagai bagian dari program untuk melacak populasi dan kesehatan spesies tersebut. Menurut masyarakat, populasi sturgeon putih di Sungai Fraser adalah sebagian kecil dari dulu.

Bisson secara teratur memindai dan menandai sturgeon sebagai bagian dari program. Setelah ditangkap, dia memberi tahu Storyful bahwa dia heran ikan itu tidak memiliki label.

Dia menambahkan bahwa dia tahu penampakan itu langka segera setelah dia melihat ikan sturgeon raksasa melompat keluar dari air. ” Saya telah mendaratkan lebih dari 22.000 sturgeon di kapal pemancingan saya dan ini adalah salah satu yang tidak akan pernah saya lupakan,” kata Bisson. (Uli)

loading...