Hattrick, Perumdam TKR Raih Penghargaan BUMD Terbaik se-Indonesia

FOTO : Eksklusif Perumdam TKR Kabupaten Tangerang for Indolinear.com
Rabu, 20 April 2022

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Sejak 2020 hingga 2022, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang menorehkan prestasi cemerlang. Bagaimana tidak, perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Tangerang ini tiga kali berturut-turut (hattrick) meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik se-Indonesia.

Diketahui, Perumdam TKR memboyong sejumlah penghargaan tingkat nasional untuk ketiga kali pada Rabu, 20 April 2022. Pengumuman peraih penghargaan sekaligus penyerahan trofi pada ajang bergengsi itu diselenggarakan oleh Majalah Top Business di salah satu hotel di Jakarta.

Hadir di sana Bupati Tangerang sekaligus Pembina Perumdam TKR Ahmed Zaki Iskandar, Direktur Utama (Chief Executive Officer/CEO) Perumdam TKR Sofyan Sapar, Ketua Dewan Pengawas Perumdam TKR Moch. Maesyal Rasyid, serta jajaran direksi dan anggota dewan pengawas Perumdam TKR.

Pada kesempatan itu, terbukti bahwa Perumdam TKR masih mempertahankan prestasi sebagai BUMD terbaik se-Indonesia selama tiga tahun terakhir ini. Di mana, sebanyak empat trofi dibawa pulang ke Kabupaten Tangerang, terdiri dari Perumda Air Minum – Bintang 5, Top CEO BUMD, Top Pembina BUMD, dan Top BUMD Golden Trophy.

Adapun kriteria peraih penghargaan Perumda Air Minum – Bintang 5, dewan juri menetapkan standar penilaian antara lain BUMD harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik dan menjadi percontohan bagi BUMD lainnya.

Selanjutnya, harus memiliki pencapaian kinerja bisnis yang baik dan berkelanjutan, serta memiliki kinerja keuangan, human kapital, dan pelayanan pelanggan yang baik. Selain itu, berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui setoran keuntungan pada kas daerah.

Perumdam TKR pun berhasil meraih posisi puncak dari 182 BUMD yang turut berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan rasa syukur karena Perumdam TKR kembali mendapatkan penghargaan sebagai BUMD terbaik se-Indonesia dari Majalah Top Business. Dia berharap, prestasi tersebut tidak membuat takabur dan berpuas diri, karena masih banyak tantangan ke depan, terutama jaringan pelayanan di kawasan dan lokasi perumahan serta permukiman baru.

“Termasuk juga ke depan kawasan perumahan, permukiman perdesaan yang masih membutuhkan jaringan air minum perpipaan. Jadi mudah-mudahan penghargaan kali ini bisa menjadi motivasi bagi Perumdam TKR untuk terus berbuat lebih baik lagi di masa yang akan datang,” kata Zaki usai menerima penghargaan sebagai Top Pembina BUMD.

Sementara itu, Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengatakan, pencapaian ketiga kali berturut-turut ini didapatkan karena dukungan dari Bupati Tangerang. Di mana, dukungan tersebut merupakan kekuatan Perumdam TKR untuk tetap melaksanakan pembangunan infrastruktur jaringan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, minimal mencapai 60 persen dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang Tahun 2018-2023.

“Target agar tercapai layak air bersih untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang merupakan tugas dan tanggung jawab kami. Penghargaan ini merupakan motivasi untuk seluruh karyawan dan jajaran di Perumdam TKR,” ucap Sofyan.

Ketua Dewan Pengawas Perumdam TKR Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, selama menjalankan tugas satu tahun belakangan ini sesuai kewenangan dan tupoksi, dewan pengawas selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh jajaran direksi supaya tetap fokus pada tujuan utama Perumdam TKR, yaitu meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Tim Dewas Perumdam TKR juga melaksanakan evaluasi bersama dengan jajaran direksi per tiga bulan. Kita terus adakan evaluasi agar kinerja Perumdam terus meningkat. Alhamdulillah, kita bisa meraih penghargaan ini bahkan untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut,” pungkas Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang itu. (ADV)