Hati-Hati, Fitur WhatsApp Ini Bisa Bikin Nomor HP Terlacak Google

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 18 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT REPRODUKSI. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu fitur WhatsApp yang memudahkan kita untuk dikontak via tautan saja, ternyata berisiko membuat nomor kita tersebar ke penjuru internet.

Melansir dari Merdeka.com (17/06/2020), fitur Click to Chat yang menggunakan tautan untuk langsung masuk dan mengechat ke kontak WhatsApp seseorang, ternyata tautannya dapat diindeks oleh Google, dan dapat dengan mudah dicari lewat Google.

Jadi, siapapun yang memiliki tautan Click to Chat tersebut, pasti mengetahui nomor HP Anda. Berita buruknya, Anda tiak bisa mencabutnya.

Skenario jinak mungkin nomir Anda akan dispam, namun skenario terburuknya nomor Anda akan dijual ke telemarketer ataupun penipu yang kerap beraksi meminta nomor OTP akun mobile payment Anda. Terlebih, foto profil WhatsApp bisa terpapar dan mudah dicari keberadaan media sosial Anda yang lainnya.

Meski demikian, hal ini bisa dicegah. Hal ini dengan cara mengusahakan tidak menggunakan nomor HP utama Anda untuk dipanjang di fitur Click to Chat.

Mengingat alasan digunakannya fitur ini adalah memudahkan untuk narahubung (contact person) sebuah acara untuk dihubungi.

Jadi, Anda tinggal menggunakan nomor baru yang didedikasikan untuk dipajang sebagai tautan, dan nomor asli Anda tetap aman. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: