Hasrat Koeman di Barcelona Terpenuhi dengan Kedatangan Sergino Dest

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 10 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bek muda berkebangsaan Amerika Serikat, Sergino Dest, menjadi rekrutan terakhir Barcelona pada bursa transfer awal musim 2020-2021 LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol.

Barcelona merekrut Sergino Dest dari Ajax Amsterdam dengan harga 26 juta euro atau Rp 449 miliar dan durasi kontrak lima tahun.

Keberadaan Sergino Dest digadang-gadang bisa menjadi tandem Lionel Messi di sisi kanan penyerangan. Dia juga dinilai bisa menjadi suksesor Dani Alves.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sejatinya sudah mengincar Sergino Dest sejak sang pemain masih berusia dini.

Kala itu, Ronald Koeman masih menjabat sebagai pelatih timnas Belanda.

Koeman berhasrat mengajak Sergino Dest bergabung dengan timnas Belanda. Sebab, bek 19 tahun itu lahir di Almere, Belanda.

Darah Belanda dia miliki dari sosok ibunya, sementara ayahnya merupakan warga negara Amerika Serikat.

Dest juga pernah berseragam timnas Belanda di level U15. Akan tetapi, pada tahun 2014 dia memilih untuk membela timnas Amerika Serikat.

Koeman mengakui pernah mengajak Dest membela Tim Oranye, tetapi ditolak.

Kini, Ronald Koeman berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan. Pelatih asal Belanda itu bisa menggunakan jasa dari Sergino Dest.

Hanya saja, Ronald Koeman akan memainkan Sergino Dest di Barcelona, bukan di timnas Belanda.

“Dia akan menjadi pemain yang sangat berguna bagi Barcelona,” ujar juru taktik asal Belanda tersebut dalam sebuah konferensi pers, dilansir dari Kompas.com (09/10/2020).

“Memiliki talenta muda sangat penting bagi klub ini dan meskipun usianya masih muda, Dest telah memainkan banyak permainan tingkat profesional, termasuk beberapa pertandingan di Liga Champions.”

Sejauh ini, di usianya yang baru 19 tahun, Dest sudah bermain lima kali pada pentas Liga Champions tanpa keraguan dari dalam dirinya.

Mental tersebut bukan hal yang mudah didapat bagi seorang pemain muda, kecuali memiliki skill yang membuatnya percaya diri.

“Anda tidak akan stress karena jika Anda stress, Anda akan melakukan hal aneh dalam sepak bola,” merupakan sebuah mantra yang bek kanan tersebut amalkan.

“Bahkan sekarang, jika seseorang mencoba menekan atau mengejar saya, saya hanya memikirkan mantra tersebut,” tandasnya.

Di level timnas AS, Sergino Dest memperoleh pengalaman bermain di depan penonton yang banyak pada Piala Dunia U20 2019 di Polandia.

Di sana, dia membantu timnas AS menembus perempat final dengan kemampuan menyerangnya dari sayap kanan, hal tersebut membuatnya cocok untuk debut di tingkat klub. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: