Hasil Final WJC 2019, Leo/Daniel Juara Setelah Mengalahkan China

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 16 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pasangan muda Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, meraih gelar turnamen bulu tangkis World Junior Championship ( WJC) 2019. Mereka menjuarai nomor ganda putra setelah menaklukkan pasangan China, Di Zi Jian/Wang Chang.

Dalam partai puncak event tersebut di Kazan, Rusia, Minggu (13/10/2019), Leo/Daniel menang 21-19, 21-18. Hasil ini juga membuat mereka unggul dalam rekor pertemuan atas pasangan unggulan utama tersebut.

Dari lima pertemuan yang sudah terjadi, Leo/Daniel unggul 3-2. Tiga kemenangan tersebut diraih dalam semua pertemuan terakhir, termasuk dalam partai final ini, dilansir dari Kompas.com (15/10/2019).

Selain itu, Leo/Daniel pun menjadi ganda putra pertama Indonesia yang kembali naik podium juara WJC setelah Budi Santoso/Kusno melakukannya pada 1992 atau saat edisi perdana kejuaraan dunia level junior ini.

Artinya, Indonesia harus menunggu 27 tahun lagi untuk melahirkan juara WJC sektor ganda putra. Bagi Leo, kemenangan ini pun menjadi pengobat kegagalannya pada sektor ganda campuran yang dimainkan pada partai pertama rangkaian laga final ini.

Leo, yang berpasangan dengan Indah Cahya Sari Jamil, harus mengakui keunggulan pasangan China, Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling. Dalam laga berdurasi 44 menit, unggulan utama yang juga berstatus juara bertahan ini kalah 17-21, 17-21 dari unggulan kedua tersebut.

Leo/Daniel, yang merupakan unggulan kedua, cukup dominan pada gim pertama. Buktinya, mereka selalu berada di depan dalam pengumpulan angka. Setelah skor secara berurutan imbang 1-1 dan 2-2, Leo/Daniel menjauh dari kejaran unggulan utama itu ketika memimpin 5-2.

Mereka terus berada di depan hingga unggul 11-9 saat interval. Setelah jeda paruh pertama gim tersebut, pasangan China bermain lebih agresif. Servis flick yang dilakukan sempat membuat mereka bisa mengejar dan menyamakan skor menjadi 16-16.

Namun Leo/Daniel bisa kembali fokus dan menjauh lagi hingga unggul 19-16. Pasangan China bisa menyusul sehingga skor menjadi 19-19, sebelum Leo/Daniel mengakhirinya dengan 21-19. Gim kedua berlangsung lebih sengit.

Pasangan China sempat unggul 4-3, tetapi Leo/Daniel kembali mengejar dan memimpin 9-5. Pasangan China bisa bangkit. Mereka mengejar dan bahkan berbalik unggul 11-10 saat interval. Namun itu merupakan momen terakhir bagi pasangan China tersebut berada di atas Leo/Daniel.

Setelah skor imbang 11-11, Leo/Daniel tak terbendung lagi hingga akhirnya menang 21-18. Dengan demikian, Indonesia, yang membuat sejarah karena meraih gelar nomor berege WJC, menyabet satu gelar dalam ajang ini.

Secara keseluruhan, China menjadi juara umum nomor perseorangan WJC 2019. Negeri Tirai Bambu ini meraih gelar ganda campuran dan ganda putri. Sementara itu, gelar sektor tunggal putra milik Thailand dan tunggal putri jatuh ke tangan Jepang. (Uli)