Hasbiyah M. Nasir : Jaga Kelestarian Lingkungan Demi Anak Cucu

FOTO: sopy/indolinear.com
Rabu, 10 Juli 2019

Indolinear.com, Tangsel – Sebagai upaya pelestarian lingkungan, Istri Kemenristekdikti, Hasbiyah M. Nasir selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenristekdikti, dan Istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sekaligus Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto, serta Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Sri Setiawati bersama, serta seluruh anggota Dharma Pertiwi melaksanakan penanaman pohon buah unggulan di area Taman Provinsi yang berada di lingkungan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (9/7/2019).

“Ini merupakan program penghijauan, sebagai peninggalan warisan untuk anak cucu kita. Sudah saatnya kita melakukan program yang bermanfaat bagi lingkungan hidup,” tutur Hasbiyah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puspiptek, Sri Setiawati mengatakan, saat ini di Puspiptek telah tumbuh berbagai jenis tanaman langka di antaranya ada pohon buah, pohon kayu hingga pohon sawit. Penanaman yang dilakukan hari ini akan menambah koleksi tanaman buah unggulan yang ada di lingkungan Puspiptek.

Sri juga menjelaskan bahwa hari ini Puspiptek telah menyiapkan 1000 bibit unggul pohon buah langka. Di antaranya ada pohon buah Mangga Alpukat yang ditanam oleh Ibu Panglima.

“Pohon mangga alpukat berasal dari Pasuruan, yang merupakan hasil rekayasa dari mangga harum manis. Buahnya dapat dibelah dan dimakan seperti alpukat,” imbuh Sri.

Menurut Sri, pusat penelitian Puspiptek telah menghasilkan beberapa tanaman buah di antaranya buah Pepaya California.

“Dinamakan Pepaya California biar laku di pasaran, karena masyarakat Indonesia masih import mainded, khawatir jika dikasih nama Pepaya IPB atau Pepaya Serpong, tidak laku dijual,” ucap Sri yang disambut tawa oleh Ibu Panglima.(Sopy)

INDOLINEAR.TV