Harta Bertambah Rp75 T, Pria China Jadi Orang Terkaya Keenam Dunia

FOTO: detik.com/indolinear.com
Rabu, 6 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pendiri perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring, Zhong Shanshan mencetak harta baru senilai US$ 5,4 miliar setara Rp 75,6 triliun (kurs Rp 14.000/US$). Pundi-pundi uang itu mendorong Zhong menjadi orang terkaya keenam di dunia.

Bertambahnya harga Zhong berkat melonjaknya saham perusahaannya yang meningkat tiga kali lipat selama 4 bulan terakhir. Sejak go public di Shanghai Stock Exchange pada April 2020 sahamnya telah meningkat 2.500%.

Mengutip dari Detik.com (04/10/2021) kini kekayaan bersih Zhong Shanshan menjadi US$ 92,1 miliar (Rp 248 triliun). Bulan lalu Zhong juga telah mengalahkan Mukesh Ambani dari India menjadi orang terkaya di Asia.

Ambani sendiri memiliki kekayaan bersih senilai US$ 76 miliar. Sekarang berada di peringkat ke-10 dalam peringkat real time Forbes di miliuner dunia.

Menurut prospektus penawaran Nongfu Spring, Zhong memiliki 84,4% saham perusahaan, selain itu dia dan kerabat istrinya memiliki 6,2% gabungan tambahan, dan 63 investor lainnya, terutama karyawan dan konsultan saat ini memiliki 6% saham secara kolektif.

Sebagai pengusaha air minum yang sukses, Zhong diketahui pernah putus sekolah dasar selama Revolusi Kebudaan China. Dia juga pernah bekerja menjadi pekerja konstruksi, reporter, dan agen penjualan minuman.

Dia mendirikan Nongfu di kampung halamannya di Hangzhou pada tahun 1996. Perusahaan yang dikenal dengan air kemasannya, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.

Investasinya tidak hanya di perusahaannya sendiri. Zhong juga memiliki saham di Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang memproduksi alat tes untuk penyakit menular, termasuk COVID-19.

Sebagai orang terkaya keenam di dunia, Zhong Shanshan kini berada di belakang Elon Musk pendiri Tesla. Jeff Bezos pendiri Amazon, Bernard Arnault bos LVMH, Bill Gates pendiri Microsoft, dan Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Dia kini berada di depan pengusaha besar termasuk Larry Ellison pendiri Oracle, Warren Buffett pendiri Berkshire Hathaway, dan Larry Page salah satu pendiri Google. (Uli)