Harry Kane Dan Makna Pentingnya Gol Pertamanya Di Euro 2020

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 2 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Penyerang timnas Inggris, Harry Kane, mencetak gol pertamanya di ajang Euro 2020 pada laga 16 besar melawan Jerman di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Gol yang dicetak oleh Harry Kane pada menit ke-86, melengkapi kemenangan 2-0 skuad The Three Lions atas seterunya tersebut serta meraih satu tempat di fase 8 besar Euro 2020.

Torehan gol Harry Kane sedikit banyak menjawab kritik yang mengarah kepadanya sejak gelaran Piala Eropa berlangsung.

Pasalnya, Kane merupakan penyerang utama timnas Inggris dan selalu dimainkan sejak menit awal oleh pelatih Gareth Southgate sejak laga pembuka penyisihan Grup D melawan Kroasia.

Dari tiga pertandingan penyisihan Grup D, Harry Kane hanya mampu mencatatkan lima upaya tendangan dengan hanya satu di antaranya mengarah tepat ke gawang lawan.

Beban pemain milik klub Tottenham Hotspur itu sedikit banyak terangkat, berkat aksinya membobol gawang Manuel Neuer di hadapan pendukung setia pasukan Tiga Singa.

Harry Kane kini sejajar dengan Wayne Rooney dalam hal perolehan gol, ketika tampil di ajang turnamen besar bersama Timnas Inggris.

Rooney dan Kane sama-sama sudah mencetak tujuh gol saat berseragam timnas Inggris, ketika turun di ajang Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Seperti dilansir dari Kompas.com (01/07/2021), catatan milik Kane tersebut hanya kalah dari Alan Shearer yang mengoleksi 9 gol, serta Gary Lineker dengan 10 gol.

Catatan penting lain terkait dengan gol Harry Kane tersebut, adalah status sebagai penyerang tertajam Inggris selama era Southgate.

Harry Kane sudah mencetak 30 gol dari 41 penampilan bersama timnas Inggris sejak Southgate menjabat sebagai pelatih pada November 2016.

Sementara, pemain kedua paling produktif di timnas Inggris dalam periode serupa adalah Raheem Sterling, yang mencetak 15 gol dari 38 penampilan.

Koleksi gol milik Kane juga lebih banyak dibandingkan penyerang timnas Inggris lainnya, Marcus Rashford, yang baru mengumpulkan 11 buah dalam jumlah penampilan sama.

Raheem Sterling sendiri membuat tiga dari 38 gol miliknya itu, dalam empat penampilan pada gelaran Euro 2020 kali ini.

Keberhasilan membuka rekening gol di ajang Euro 2020 diharapkan juga menambah kepercayaan diri Harry Kane, jelang laga perempat final melawan Ukraina pada Sabtu (3/7/2021) atau Minggu dini hari WIB. (Uli)