Harley Davidson 338R Mulai Terlihat Bentuknya Di Cina

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 2 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Di awal tahun ada kabar tentang motor Cina yang menggunakan platform model baru Harley-Davidson berkapasitas mesin kecil. Desain itu dipasarkan oleh Qianjing dengan nama QJ350 di mana mesin yang paralel twin yang dipakai dicap dengan label Harley-Davidson.

Melansir dari Liputan6.com (30/09/2020), bulan lalu kembali muncul foto tentang motor baru Harley-Davidson. Tidak terlihat jelas motor tersebut namun di bagian ekor terlihat tulisan 338R. Dan baru kali ini bentuk kolaborasi keduanya terlihat dari gambar desain yang bocor dari lembaga Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional Cina. Desain itu diajukan pada 10 Desember 2019, dengan hanya Harley-Davidson yang terdaftar sebagai pemegang hak dan kredit atas motor tersebut.

Desainnya memperlihatkan bahwa motor Harley-Davidson baru itu terinspirasi dari model flat track yang mesin dan kerangkanya mirip dengan QJ350. Namun ada beberapa perbedaan yang signifikan.

Jok Harley-Davidson 338R lebih rendah dan rata dengan ketinggian yang berbeda antara pengendara dan pembonceng. Tangki bahan bakar juga jauh lebih kecil dengan gaya Harley yang lebih tradisional. Desain Harley-Davidson memiliki selubung radiator, tetapi secara umum bodywork lebih sedikit daripada versi Qianjiang.

Posisi Berkendara Lebih Tegak

Footpeg 338R secara umum berada pada posisi yang sama seperti di Qianjiang. Sementara setang Harley-Davidson 338R lebih rendah dan menjangkau lebih jauh ke belakang untuk posisi berkendara yang lebih tegak.

Harley-Davidson menggunakan lampu depan melingkar dengan model tunggal. Di atas lampu itu terdapat instrumen meter bundar, dipasang tidak tepat di tengah tetapi sedikit di kiri tengah.

Di bagian belakang, pemegang pelat nomor dipasang di ekor yang terintegrasi dengan lampu belakang.

Kaki-Kaki

Motor Harley-Davidson dan Qianjiang tampak memiliki suspensi yang sama. Sistem suspensinya mengandalkan garpu depan terbalik dan shock belakang offset yang sejajar dengan rangka teralis.

Desain Harley tidak menampilkan kaliper rem apa pun. Mungkin nantinya kaliper tersebut serupa dengan yang digunakan pada rem cakram ganda QJ350.

Cukup lama Harley-Davidson diam tentang kolaborasinya dengan Qianjiang, terutama setelah mengumumkan rencana Rewire. Tidak ada pernyataan yang lebih rinci. Namun diakui bahwa pengembangan tersebut berlanjut pada sepeda motor berkapasitas mesin kecil untuk dijual di Cina.

Sebelumnya, Harley-Davidson mengumumkan penghentian semua operasinya di India, pasar sepeda motor terbesar di dunia, tetapi sepertinya rencananya untuk China akan terus berlanjut. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: