Hari Kartini, Sri Mulyani: Jadilah Pendobrak, Tapi Gunakan Akal dan Etika

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 22 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengajak para kaum hawa di Indonesia untuk selalu memiliki semangat seperti Raden Ajeng Kartini.

Menurut Sri Mulyani, seorang wanita harus bisa menjadi pendobrak dan mampu bersaing.

Sehingga mampu memberikan perubahan yang positif bagi keluarga, bangsa, dan negara.

“Saya mengatakan bahwa kita harus meneruskan tradisi yang luar biasa dari seorang kartini,” ucap Sri Mulyani dalam Talkshow: Kartini Pendobrak Perubahan secara daring, dilansir dari Tribunnews.com (21/04/2021).

“Menjadi game changer, tetapi tetap menggunakan akal dan etika dengan argumen yang disusun. Dan dengan cara yang sangat cerdas, namun punya tekat determinasi yang tinggi,” tambahnya.

Sri Mulyani menceritakan, bagaimana RA Kartini mampu membangun sebuah sudut pandang, di mana perempuan harus cerdas dan bisa memberikan kontribusi bagi sekitarnya.

Bayangkan 100 tahun yang lalu ada seorang perempuan yang melihat berdasarkan kacamatanya terkait fenomena yang ada di dalam keluarga, sosial, dan negaranya.

Kemudian dirinya mampu menggerakkan sebuah pergerakan yang bisa disebut sebagai game changer, untuk mengubah persepsi dan memberi kesempatan bagi perempuan.

“Begitu besar pergerakan pemikiran kartini dalam merumuskan sebuah tekat, bahwa perempuan perlu mendapatkan kesempatan dalam memperoleh pendidikan,” jelas Sri Mulyani.

“Tujuan yang ia lakukan bukan hanya untuk kartini saja, tetapi beliau memikirkan perempuan-perempuan lain,” tambahnya.

Sri Mulyani pun berharap, agar seluruh wanita-wanita di Indonesia untuk selalu bersemangat dan mengembangkan potensi diri agar memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa.

“Itu yang diharapkan saya dimana anda bekerja dan bisa menjadi pendobrak dan anda bisa memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (Uli)