Hanya Rp 5,3 Juta, Wisata ke Festival Pesona Bahari Raja Ampat

FOTO: net/indolinear.com
Selasa, 2 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Berencana liburan ke Raja Ampat, Papua Barat? Siap-siap ada Festival Pesona Bahari Raja Ampat yang berlangsung pada akhir Oktober 2019 ini. Demi mendukung festival tersebut, pemerintah daerah Raja Ampat menawarkan harga promo ke Raja Ampat untuk tanggal 18-22 Oktober 2019 dan khusus pada Festival Pesona Bahari Raja Ampat. Harga yang ditawarkan cukup murah, yaitu Rp 5,3 juta untuk 6 hari 5 malam.

“(Harga) Rp 5,3 juta sudah all-in, sudah home stay, makan pagi, siang, malam dan juga snack. Lalu juga sudah biaya sewa speed boat dan tour guide dari orang lokal. Itu paket promo untuk waktu Festival Pesona Bahari Raja Ampat saja,” kata Rani dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat dilansir dari kompas.com.

Ia menyatakan bahwa harga tersebut belum termasuk tiket pesawat menuju Sorong, Papua Barat, yang merupakan pintu masuk ke Raja Ampat melalui jalur udara. Namun wisatawan akan dijemput dengan kapal feri dari Sorong untuk menuju Raja Ampat.

“Kita sediakan tiket pulang pergi kapal ferry, dari Sorong ke Waisai (temapat berlangsungnya festival di Raja Ampat) lalu ke tempat penginapan. Kita ke mana-mana pakai speedboat,” ujar Rani.

Setiap penginapan (home stay) akan disebar di beberapa titik objek wisata yang dikunjungi. Baca juga: Festival Raja Ampat, Jelajahi Gunung sampai Bawah Laut Selama 5 Hari.

“Penginapan di home stay. Home stay yang nanti ditempati sudah tersebar di tempat-tempat destinasi yang dituju pada lima hari itu. Untuk menuju ke sana pakai speedboat yang muat 10 orang. Nanti sudah ada rutenya setiap objek wisata,” paparnya.

Rani juga membandingkan harga normal dengan harga promo yang diberikan.

“Harga biasa itu malah bisa sekitar 7 sampai 8 juta, dengan tujuan yang sama dan fasilitas yang diberi pun sama,” ungkapnya.

Jika wisatawan ingin diving atau meminjam alat snorkeling, maka dikenakan harga tersendiri atau tidak termasuk biaya tur.

“Kalau mau sewa alat snorkeling sendiri, alat diving sendiri. Atau yang mau beli oleh-oleh bisa dengan uang masing-masing,” jelasnya.

Paket promo khusus Festival Pesona Bahari Raja Ampat berlangsung pada 18-22 Oktober 2019 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat. Acara dan tur berlangsung selama 6 hari 5 malam. Dengan membeli paket promo Festival Pesona Bahari Raja Ampat, wisatawan akan dibawa mengelilingi objek wisata di Raja Ampat. Pada hari pertama, wisatawan dijemput di Pelabuhan Sorong dengan kapal feri lalu menuju, Waisai untuk melihat opening ceremony dan keliling Kota Waisai.

Kota Waisai merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Raja Ampat. Di sana, pengunjung akan dipertontonkan atraksi tarian daerah dari Raja Ampat. Hari kedua berlanjut menjelajahi Teluk Mayalibit. Hari berikutnya, pengunjung dibawa ke Mansuar. Pulau Mansuar adalah satu dari sekian banyak pulau yang indah di Raja Ampat. Pulau ini dikelilingi pantai berpasir putihnya yang cantik. Sebuah pulau kecil dengan lubang di tengahnya bisa dijumpai sebelum masuk ke kawasan Kepulauan Wayag, Raja Ampat.

Hari keempat, wisatawan akan dibawa melihat pemandangan di gundukan kecil pulau-pulau karst dengan warna laut yang biru. Sebuah pemandangan yang bisa dilihat dari Bukit Pianemo. Pianemo sendiri disebut-sebut sebagai Wayag versi kecil.

Wayag adalah daerah yang masih termasuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana, wisatawan bisa melihat pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang. Lalu hari kelima, wisatawan akan dibawa untuk kembali ke Waisai dan menyaksikan upacara penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat. Setelah itu hari berikutnya kembali ke Sorong dan menuju bandara.

JIka berminat, pada acara Kompas Travel Fair 2019, paket wisata untuk Festival Pesona Bahari Raja Ampat dijual di stan Papua Barat yang ada di Jakarta Convention Center, Hall B, Jakarta. KTF 2019 berlangsung pada tanggal 20-22 September 2019. KTF 2019 untuk region Jakarta diselenggarakan di Jakarta Convention Center, KTF Regional Surabaya di Pakuwon Mall, KTF Region Medan di Centre Point Mall, dan KTF Region Makassar di Phinisi Point.

KTF 2019 menawarkan beragam keunggulan. Pertama, more airlines, lebih dari 10 maskapai penerbangan domestik dan internasional yang akan membawa para pejalan ke berbagai destinasi impian. Kedua, more destinations, lebih dari 30 agen perjalanan, pelayaran, dan destinasi wisata memberikan beragam pilihan perjalanan menarik. Ketiga, more travel styles, mulai dari Umrah dan Haji hingga kuliner dan edukasi wisata dapat dipilih sesuai keinginan pejalan.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: