Hal Yang Perlu Diketahui ketika Muncul Jerawat Pantat Yang Mengganggu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 25 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Masalah jerawat merupakan suatu hal yang bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi ini bisa saja terjadi pada berbagai bagian tubuh kita termasuk pada pantat.

Tentu saja sangat membingungkan mengapa terkadang jerawat ini dapat muncul di tempat yang tertutup seperti pantat. Dilansir dari Merdeka.com (23/12/2020), jerawat pantat yang biasa dikenal sebagai folliculitis ini sebenarnya cukup berbeda dengan jerawat di wajah.

Jika jerawat di wajah tumbuh dari pori-pori yang buntu, maka jerawat di pantat muncul dari folikel rambut yang buntu. Munculnya jerawat ini disebabkan karena berbagai macam hal hal seperti gesekan, keringat, dan juga bakteri, jelas Susan Bard, M.D. dari Sadick Dermatology, New York.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat ini, terutama karena kebiasaan yang buruk dalam menggunakan celana. Keengganan kamu untuk langsung mengganti celana setelah berolahraga, memakai celana jeans yang terlalu ketat, atau menggunakan celana kulit dapat membuat munculnya jerawat ini.

Untuk menghindari munculnya jerawat di pantat ini dan agar tak terulang lagi, penting untuk melakukan beberapa hal. Dr. Bard menyarankan untuk melakukan beberapa hal berikut agar terhindar dari munculnya jerawat di pantat.

Jangan Gunakan Celana Ketat

Untuk menghindari munculnya jerawat di pantat ini, sebaiknya gunakan celana yang cukup longgar.

“Untuk mencegah folliculitis, saya menyarankan pasien agar tak menggunakan celana ketat. Pakaian yang menyebabkan gesekan seperti jeans ketat serta untuk mencuci pakaian olahraga yang berkeringat secepat mungkin,” jelas Dr. Bard.

Selain itu, gunakan juga celana dalam berbahan katun dibanding yang berbahan nilon atau spandeks. Hal ini dapat memberi kulit kemampuan untuk bernapas dan memberi kenyamanan yang lebih tepat.

Mandi dengan Tepat

Selain harus langsung mandi setiap kali setelah olahraga, kamu juga harus memperhatikan bahwa sabun dan cara mandi yang kamu gunakan tepat. Gunakan sabun antibakteri serta bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian badan. Selain itu juga ingat agar jangan menggunakan body lotion yang kental setelah mandi.

Jangan Dipecahkan

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di pantat juga tidak boleh dipecahkan. Dr. Bard, menyebut bahwa hal ini bisa membuat kondisi jerawat menjadi lebih parah dan bahkan bisa menimbulkan bekas luka di bagian tersebut.

Kunjungi Dokter Kulit

Kondisi jerawat di pantat ini seringnya membuat orang malu sehingga mereka enggan untuk mengonsultasikannya dengan dokter kulit. Menemui dokter kulit merupakan cara yang paling tepat untuk mengetahui penyebab dan mengobati masalah ini.

Masalah jerawat di pantat ini memang bisa sangat menggnggu aktivitas kita. Oleh karena itu, jangan segan untuk mencari pertolongan pada ahlinya jika masalah ini sudah tak tertahankan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: