Hal yang Perlu Diketahui Agar Diet Sambil Puasa Ramadan Sukses

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 2 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Momen puasa Ramadan seperti saat ini digunakan oleh banyak orang untuk sekaligus melakukan diet. Hal ini dilakukan karena kesamaan pola puasa dengan diet.

Dinda Utami, APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia) Certified dan NLP Licensed Practitioner, mengatakan, tak masalah melakukan hal tersebut asal dilakukan dengan benar. Harus diingat, lakukan lah itu untuk jangka waktu yang panjang.

Oleh sebab itu, Dinda, yang juga seorang pelatih kebugaran di Fitness Embassy, Jakarta Selatan, mengingatkan sejumlah hal-hal berikut yang mesti Anda ingat agar berdiet selama puasa Ramadan berjalan sukses, dilansir dari Merdeka.com (30/04/2020).

“Definisi diet itu sendiri adalah pola makan. Itu dulu yang harus diingat,” kata Dinda.

Fokus Mengatur Pola Makan

Apabila Anda ingin menjadikan puasa sebagai momentum untuk mulai diet, lanjut Dinda, fokus kepada mengatur pola yang baik dengan prinsip variatif, moderat, juga seimbang.

“Variatif itu dari jenis makanannya, moderat dari sisi porsi sehingga saat sahur dan berbuka tidak kekenyangan, dan seimbang dalam hal kandungan nutrisinya,” kata Dinda Utama.

Sehingga, saat menyantap makan sahur dan berbuka puasa, selalu konsumsi gizi seimbang. Jika Anda kondisinya dalam keadaan sehat, di dalam piring makan Anda harus ada karbohidrat, protein, sayur, dan buah-buahan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

“Serta tetap aktif berolahraga dengan intensitas rendah atau sedang,” kata Dinda.

Dinda pun, menekankan, jika Anda fokus kepada membangun pola makan yang baik dan dilakukan secara konsisten, akan menjadi gaya hidup meskipun Ramadan usai.

“Dan, berat badan adalah bonusnya,” tandas Dinda. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya