Hal Yang Kerap Dilakukan Dan Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Payudara

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 14 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang paling penting. Kondisi dan kesehatan bagian tersebut bisa sangat berdampak dalam jangka panjang kehidupan wanita.

Pada payudara, penting bagi wanita untuk memeriksanya secara rutin. Sayangnya, hal ini sering terlewat dilakukan oleh banyak wanita.

Sebelum payudara mengalami masalah kesehatan yang berat, penting untuk melakukan tindakan pencegahan. Hal ini bisa dilakukan berupa mengubah sejumlah kebiasaan milik kita sehari-hari.

Kerap kali kesalahan perawatan payudara ini muncul dari kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan secara sembrono. Dilansir dari Merdeka.com (12/06/2021), berikut sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan oleh wanita dan berdampak buruk terhadap kesehatan payudara mereka.

Menggunakan Bra dengan Ukuran yang Salah

Menggunakan bra dengan ukuran yang salah bisa menyebabkan rasa tak nyaman dan berdampak buruk pada kesehatan. Menggunakan bra yang longgar bisa menyebabkan payudara menjadi lembek sedangkan menggunakan payudara yang terlalu ketat bisa menghalangi peredaran darah. Payudara yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan rasa sakit di leher, punggung, dan pundak.

Melepas Bra saat Beraktivitas

Pada saat beraktivitas terutama berolahraga di luar ruangan, jangan lupa unutk menggunakan bra. Tidak menggunakan bra bisa menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman saat berolahraga karena kurangnya peyangga pada payudara.

Mencukur Rambut Payudara

Berdasar penelitian yang dimuat di Journal of Physical Activity and Health, menggunakan pisau cukur pada area sekitar payudara bisa berujung infeksi. Berbagai cara menghilangkan rambut payudara juga bisa meningkatkan risiko peradangan.

Menindik Payudara

Berdasar hasil penelitian, menindik payudara bisa membahayakan kelejar susu. Lebih lanjut, hal ini bisa meningkatkan risiko abses yang bisa menyebabkan infeksi yang menyakitkan dan berisi nanah.Merokok

Selain membahayakan jantung dan paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan masalah pada payudara. Kebiasaan ini bisa menyebabkan hilangnya elastisitas, kendur, serta meningkatnya risiko kanker payudara.

Menggunakan Duct Tape

Pada saat ini banyak wanita menggunakan duct tape untuk berbagai kebutuhan terutama terkait fashion. Namun ternyata penggunaan duct tape ini bisa menyebabkan alergi, gatal, peradangan, serta ruam. (Uli)