Hal Yang Jadi Biang Kerok Rasa Gatal Di Pantat Kamu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 19 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kondisi gatal yang menyerang tubuh kita merupakan sebuah hal yang tidak hanya menyebalkan namun juga membuat tak nyaman. Hal ini terutama ketika rasa gatal ini muncul pada bagian tubuh yang tertutup.

Sebagai bagian tubuh yang cukup tertutup, sering terjadi rasa gatal pada pantat seseorang. Rasa gatal yang terjadi di pantat ini bisa muncul baik pada pantat bagian luar maupun pada lubang pantat.

Pada kondisi tertentu terutama di tengah keramaian, rasa gantal di pantat ini bisa membuatmu mati gaya. Mengetahui penyebab munculnya rasa gatal ini bisa membantu dalam mencegah dan mengatasi masalah ini.

Secara khusus, bagian pantat yang rentan mengalami gatal berada di bagian anus atau di kulit yang dekat dengan lubang tersebut. Lalu apa sebenarnya penyebab dari munculnya rasa gatal tersebut? Dilansir dari Merdeka.com (17/09/2020), berikut tujuh hal yang menyebabkan munculnya rasa gatal di lubang pantat.

Cara Membersihkan yang Salah

Samantha Nazareth, M.D, gastroenterologis dari New York City selalu menanyai pasiennya mengenai perilaku kebersihan yang mereka miliki lebih dahulu. Terutama mengenai kebiasaan mereka dalam membersihkan pantat usai buang air.

“Sebagian besar kita menyeka pantat terlalu keras dengan menggunakan tisu toilet baru kemudia menggunakan tisu basah setelahnya,” jelas Nazareth.

Hal ini disebutnya dapat menyebabkan iritasi terutama karena pantat merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Selain itu banyak orang yang tidak cukup bersih ketika membersihkan pantat mereka. Nazareth memberi satu saran untuk membersihkan pantat ini.

“Idealnya, ketika kamu di rumah, cara terbaik adalah dengan menggunakan semprotan atau shower untuk membersihkan bagian tersebut. Tidak usah sabun. Kemudian keringkan bagian tersebut,” jelas Nazareth.

Ambeien

Ambeien merupakan pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus atau pada rektum bagian bawah. Ambeien luar yang terjadi pada kulit dan juga anus menyebabkan rasa gatal yang menyerang bagian pantat.

“Tak semua orang yang memiliki ambeien mengalami masalah gatal. Pastikan saja bahwa hal ini tak bakal menjadi semakin parah,” jelas Nazareth.

Untuk mencegah munculnya masalah ini, pastikan kamu mendapat cukup serat dari makananmu untuk membuat buang airmu jadi lancar dan menghindari masalah buang air besar ini.

Cacingan

Walau bagi orang dewasa mungkin masalah cacingan sudah jarang terjadi, namun hal ini benar-benar masih terjadi. Adanya cacing ini kerap kali menimbulkan rasa gatal yang tertahankan pada pantat seseorang.

Masalah cacingan ini tak menimbulkan banyak gejala kecuali rasa gatal luar biasa yang kadang mengusik pantat. Hal ini lah yang menyebabkan kadang masalah ini tak dapat langsung cepat dikenali.

Dalam pengobatannya, jika belum terlalu parah, infeksi ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun kadang dapat juga membutuhkan obat untuk menghilangkan cacingan tersebut.

Infeksi Ragi

Penyakit infeksi ragi ternyata tak hanya bisa terjadi pada vagina saja namun juga pada pantat. Nazareth mengungkap bahwa munculnya hal ini karena suhu udara yang terlalu hangat sehingga memunculkan jamur pada bagian tubuh yang tertutup. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan terlalu lama celana olahragamu yang lembap.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus segera mencuci pakaianmu yang lembap dan mandi setelah berolahraga. Namun jika kamu terlanjur mengalami hal ini maka sebaiknya obati dengan salep atau gunakan pakaian yang longgar di rumah.

“Idealnya, jangan menggunakan celana dalam dan pilih celana yang longgar untuk membiarkan udara masuk secara alami,” jelas Nazareth.

Kudisan

Masalah satu ini sebenarnya cukup jarang menimbulkan rasa gatal di pantat. Namun bukannya kemungkinan bahwa penyakit kudis menyerang pantat ini tidak ada sama sekali.

Gejala rasa gatal dan luka di kulit ini dapat dialami mulai empat hingga delapan minggu. Walaupun kudis dapat diobati dengan salep atau jenis pengobatan lain di kulit, rumahmu juga perlu dibersihkan untuk mencegah hal ini terulang kembali.

Iritasi kulit

Penggunaan sabun atau perawatan kulit baru dapat menyebabkan iritasi pada kulit seseorang. Iritasi kulit ini dapat menyerang banyak bagian tubuh seseorang dan tak terkecuali pada pantat juga.

Masalah ini berkembang menjadi psoriasis (sel kulit yang berkembang dan menyebabkan masalah berupa kulit merah dan gatal) serta eczema yang menyebabkan rasa gatal dan inflamasi pada kulit. Jika mengalami masalah ini, kamu harus segera menemui dokter kulit untuk mengobatinya.

Kanker Pantat

Masalah ini sungguh sangat jarang terjadi namun juga bisa jadi salah satu penyebab gatalnya pantatmu. Namun tentu saja tak semua rasa gatal ini bisa dihubungkan dengan kanker.

Nazareth mengungkap bahwa gejala kanker tampak bila rasa gatal yang muncul ini disertai dengan pendarahan. Walau hal ini juga terjadi pada ambeien, namun alangkah baiknya bila kamu mengonsultasikannya dengan dokter pula. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: