Hal yang Harus ‘Dilepas’ Pangeran Harry Jika Mundur Dari Kerajaan Inggris

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 13 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Inggris – Pada Kamis (9/1/2020) kemarin, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan akan mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris.

Pengumuman itu disampaikan melalui sebuah unggahan di Instagram @sussexroyal.

Dalam unggahan tersebut, Pangeran Harry dan Meghan Markle menyebutkan mereka tetap “mendukung Yang Mulia Ratu sepenuhnya.”

Duke dan Duchess of Sussex berencana membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara dalam fase baru hidup mereka.

Pembagian waktu ini bertujuan untuk tetap melanjutkan penghormatan terhadap tugas mereka kepada Ratu Elizabeth II.

Namun, pembagian waktu ini juga diharapkan dapat memberikan waktu bagi keseimbangan hidup yang normal untuk putra mereka, Archie.

Selain itu, keduanya juga berencana untuk lebih mandiri secara finansial dan tidak bergantung pada Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan Markle menambahkan, mereka menantikan saat yang tepat untuk membagikan detil dari keputusan mereka.

Sebab, mereka masih terus berkolaborasi dengan Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Duke dan Duchess of Sussex pun menyampaikan terima kasih untuk dukungan yang diberikan kepada mereka.

Keputusan Pangeran Harry dan istrinya untuk mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris tentu menimbulkan berbagai dampak pada keduanya.

Termasuk kehilangan beberapa hal atau keistimewaan yang mereka miliki sebagai anggota senior Kerajaan Inggris, dilansir dari Tribunnews.com (12/01/2020).

Apa saja?

  1. Pangeran Harry dan Meghan Markle kemungkinan bisa kehilangan gelar kebangsawanan mereka.

Majalah berita Kanada, Maclean’s, menyebut apabila Pangeran Harry dan Meghan Markle tetap menyandang gelar kebangsawanan mereka, hal itu akan dianggap munafik alias hipokrit.

  1. Dikeluarkan dari urutan pewaris tahta Kerajaan Inggris.

Saat ini, Pangeran Harry memang berada di urutan agak jauh untuk menjadi pewaris tahta kerajaan.

Ia berada di urutan enam.

Namun, dengan keputusannya untuk mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris, Pangeran Harry kemungkinan besar juga harus rela melepas peluangnya di urutan pewaris tahta.

Majalah Maclean menyebut, melepaskan tugas-tugas kerajaan secara sukarela juga berarti Pangeran Harry dan keturunannya, dalam hal ini Archie, harus melepaskan posisi mereka di urutan pewaris tahta.

Intinya, tak ada seorang pun yang masih bisa mewarisi tahta kerajaan, tetapi di saat yang sama sudah lepas dari status anggota senior kerajaan.

  1. Tak lagi mendapat dukungan atau ‘gaji’ dari para pembayar pajak.

Keluarga Kerajaan Inggris memiliki begitu banyak sumber uang, tetapi mereka juga mendapat bagian tetap setiap tahunnya dari masyarakat berkat adanya Sovereign Grant.

Menurut situs resmi Royal Family, dana Sovereign Grant berasal dari persentase keuntungan pendapatan Crown Estate atau Lahan Mahkota.

Dari tahun 2017 hingga 2018, keluarga Kerajaan Inggris mendapat 100 juta dolar AS untuk melaksanakan tugas-tugas resminya.

Dana ini digunakan untuk merawat bangunan istana, yang juga dibuka untuk umum, serta membayar para staf.

Dana itu juga digunakan untuk membiayai tur resmi kerajaan.

Bahkan, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle juga sebagian dibiayai oleh dana tersebut.

Namun, apabila Harry dan Meghan memutuskan untuk mundur dari acara atau kunjungan resmi atas nama Kerajaan Inggris, mereka tak akan lagi mendapat bagian dari dana yang diperoleh dari publik tersebut.

Meski begitu, seperti yang dilaporkan People, Pangeran Andrew yang juga memutuskan ‘mundur’ dari kehidupan kerajaan, masih terus mendapat dana pribadi dari Ratu Elizabeth II.

Di sisi lain, Pangeran Harry dan Meghan Markle menyiratkan keinginan mereka untuk mandiri secara finansial, dan tidak bergantung pada Kerajaan Inggris.

  1. Tak lagi bisa tinggal di Frogmore Cottage secara cuma-cuma.

Beberapa anggota Kerajaan Inggris lainnya masih tinggal di lahan atau bangunan milik kerajaan.

Baik Putri Eugenie maupun Putri Beatrice saat ini harus membayar sewa karena tinggal di atas tanah kerajaan karena mereka bukanlah anggota kerajaan sepenuhnya.

Hal ini kemungkinan besar juga akan berlaku bagi Duke dan Duchess of Sussex.

  1. Kemungkinan malah kehilangan lebih banyak privasi.

Pangeran Harry dan Meghan Markle memang memiliki hubungan pasang surut dengan pers.

Namun, di Inggris, ada satu aturan tak tertulis yang menyebut, pers Inggris tidak boleh mengambil atau mempublikasikan foto anggota keluarga kerajaan atau anak-anak mereka yang tidak resmi.

Jika nanti Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari tugas-tugas kerajaan, sepertinya bakal tak ada aturan yang membatasi foto atau publikasi apa yang dianggap patut atau diperbolehkan oleh paparazzi.

Ditambahkan Maclean, keputusan mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari anggota senior Kerajaan Inggris bukanlah suatu eksperiman atau coba-coba.

Jika keduanya memutuskan untuk meninggalkan kehidupan mereka di Windsor, mereka tahu betul bahwa keputusan itu tak lagi bisa diubah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: