Hal Menarik Saat Pembukaan Paralimpiade Jepang, Menampilkan Gitaris Difabel

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 27 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu hal menarik saat pembukaan Paralimpiade Jepang (24/8/2021) adalah kemunculan dua gitaris terkenal Jepang bersama rock bandnya yaitu Tomoyasu Hotei (59) serta gitaris difabel Showji Kawasaki (54).

Kawasaki, seorang “gitaris kursi roda” yang tinggal di kota Nagano,  muncul sebagai pemeran yang direkrut secara publik pada penampilan upacara pembukaan Paralimpiade Tokyo pada malam tanggal 24 Agustus.

Dia memainkan gitar dengan sangat menarik, dibintangi bersama dengan Tomoyasu Hotei, seorang gitaris Jepang terkemuka.

Kawasaki mengalami kelumpuhan pada anggota tubuhnya akibat demam tinggi saat masih muda, bekerja di Pusat Relawan Pengembangan Masyarakat Prefektur (Kota Nagano).

Menurut Natsuki Nagamine (53), direktur yang merupakan bosnya dan temannya selama 30 tahun, Kawasaki   bersiap untuk pergi ke Tokyo selama beberapa bulan terakhir sambil menerima vaksinasi dan tes PCR.

“Kawasaki biasanya orang yang tidak rapi, tetapi (baru-baru ini) dia tampak sangat gugup, karena begitu exciting sekali akan tampil di pembukaan Paralimpiade,” katanya, dilansir dari  Tribunnews.com (26/08/2021).

Kawasaki yang biasanya terlibat dalam pendidikan kesejahteraan yang mendorong generasi muda untuk memahami penyandang disabilitas.

Nagamine menambahkan, “Seseorang yang bisa terlibat untuk mewujudkan apa yang ingin dia lakukan. Saya ingin anak muda menerima pesannya. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, ya lakukan setelah melihat melalui pertunjukan Kawasaki.”

Sedangkan Hotei kelahiran  Takasaki, Gunma juga dikenal  sebagai  musisi, penyanyi-penulis lagu, komposer, produser rekaman dan aktor Jepang.

Dengan karir yang membentang lebih dari 35 tahun, Hotei mengklaim rekor penjualan lebih dari 40 juta kopi dan telah berkolaborasi dengan artis terkenal dari seluruh dunia.

Hotei pertama kali menjadi terkenal pada 1980-an sebagai gitaris untuk Boøwy, salah satu band rock paling populer di Jepang, sebelum memulai karir solo.

Pada tahun 2003, ia menduduki peringkat nomor 70 dalam daftar 100 artis pop Jepang paling penting di HMV Jepang.

Dia menduduki peringkat kedua dalam jajak pendapat 2011 tentang siapa yang orang Jepang yang dianggap sebagai gitaris terbaik untuk mewakili Jepang.

Seorang seniman ikonik di negara asalnya Jepang, ia pindah ke London pada tahun 2012 dan terus tampil dan merilis musik secara global.

Lagu Hotei “Battle Without Honor or Humanity” telah ditampilkan dalam banyak film, iklan, video game, dan acara, termasuk film fitur Quentin Tarantino, Kill Bill. (Uli)