Guru Kreatif Ubah Papan Tulis Jadi Tampilan Microsoft Word

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 14 Mei 2020

Indolinear.com, Ghana – Banyak sekolah di berbagai negara tidak memiliki sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang layak, bahkan untuk buku pelajaran sekalipun.

Namun, ada guru yang rela berjuang dengan melakukan berbagai cara agar anak didik mereka mendapatkan pendidikan yang layak. Hal tersebut pun dilakukan seorang guru dari Ghana.

Guru bernama Owura Kwadwo dibanjiri pujian warganet setelah foto dirinya ketika mengajar murid-muridnya mengenai Microsoft Word menjadi perbincangan viral di jejaring sosial.

Owura yang berasal dari Kumasi, Ghana itu mengajar ICT (Information and Communications Technology) kepada siswa di sebuah sekolah di Ghana. Karena sekolah tersebut tidak memiliki akses komputer, maka guru itu melakukan improvisasi dan menggambar tampilan Microsoft Word di papan tulis.

“Saya melakukannya untuk membuat murid-murid saya mengerti apa yang saya ajarkan,” kata guru Owura, seperti melansir dari Liputan6.com (12/05/2020).

Guru itu akhirnya memutuskan untuk menerapkan keterampilannya dalam seni visual dengan menggambar layar bagian depan Microsoft Word di papan tulis agar murid-muridnya dapat menyalin dan mempelajarinya.

“Setidaknya untuk memberi gambaran tentang apa yang akan mereka lihat dengan asumsi mereka melihat komputer sesungguhnya,” lanjutnya.

Cara tersebut nampaknya berjalan dengan baik, karena anak-anak sangat menikmati kelasnya dan bisa belajar secara efektif.

“Saya memastikan mereka mengerti semuanya dengan baik sebelum mereka meninggalkan kelas,” tambah Owura.

Kerja keras Owura tampaknya tak sia-sia. Warganet bahkan memuji tekad guru itu. Dia bahkan bisa menjadi contoh yang baik bagi para guru lainnya untuk sedikit improvisasi demi mengisi kesenjangan yang tidak dapat diberikan oleh pemerintah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV