Guru Bekasi Diwajibkan Untuk Suntik Vaksin Booster Moderna

FOTO: okezone.com/indolinear.com
Senin, 4 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi mengintruksikan seluruh guru di wilayahnya agar segera melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19.

Rencananya, seluruh guru di Kota Bekasi akan mendapatkan suntikan vaksin booster Moderna. Saat ini, vaksinasi tahap dua untuk kedua untuk guru masih terus dikebut pemerintah setempat.

”Kita wajibkan seluruh guru di wilayahnya untuk menerima suntikan vaksin booster Moderna,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di RSD Stadion Patriot Candrabhaga di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dilansir dari Okezone.com (03/10/2021).

Menurut dia, vaksinasi dosis ketiga untuk menjamin kesehatan tenaga pengajar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah sudah mengintruksikan seluruh guru agar segera melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Sebab, pelaksanaan vaksinasi booster sangat diperlukan di tengah pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. ”Jadi vaksinasi ketiga ini sangat diperlukan,” katanya.

Namun, kata dia, untuk teknis pelaksanaan vakisnasi booster untuk guru-guru masih akan membicarakannya dengan Dinas Kesehatan setempat. Apalagi, 80 persen guru di Kota Bekasi telah selesai melakukan vaksin dosis kedua. Sisanya masih berjalan dan ada beberapa yang memiliki komorbid.

Untuk diketahui, sedikitnya ada 10.859 pegawai dan guru sekolah yang terbagi 4.654 Pegawai Negeri Sipil (PNS), 104 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 542 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 5559 Tenaga Kerja Kontrak (TKK). ”Ini untuk pegawai negeri, bukan yang swasta masih dilakukan pendataan,” ungkapnya.

Kota Bekasi sedang menjalani Pembelajaran Tatap Muka terbatas, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Pemerintah Kota Bekasi memiliki Stok dosis vaksin sebanyak 751.000 yang sudah siap didistribusikan kepada warga masyarakat Kota Bekasi yang belum melakukan vaksin.

Dari kuota vaksin yang ada, Kota Bekasi juga menginstruksikan seandainya target vaksinasi di breakdown ke 24.000 pegawai, maka target dosis yang siap didistribusikan hanya sejumlah 32 dosis per-orang. Jika herd immunity telah terbentuk, tidak akan ada lagi kecemasan warga masyarakat akan penyebaran wabah Covid-19 di Kota Bekasi. (Uli)