Gunung Penanggungan Terbakar, 3 Pendaki Dievakuasi dan 3 Lainnya Masih Dicari

Minggu, 25 Oktober 2015
Nasional | Uploader Arif
loading...

MOJOKERTO – Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur terbakar, Sabtu (24/10/2015). Saat peristiwa terjadi, ada 6 pendaki yang sedang berada di jalur pendakian. 3 Pendaki asal Surabaya sudah berhasil dievakuasi, sementara 3 pendaki asal Malang masih dalam pencarian.

Uabid, salah seorang petugas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari Pos Pendakian Tamiajeng, Trawas, mengatakan para pendaki naik gunung melalui jalur Tamiajeng. Pendaki asal Surabaya yang diketahui atas nama Ahmadi, Bima dan Latif, sempat terjebak kobaran api saat berada di gunung. Untungnya ketiga pendaki tersebut berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

“Untuk tiga pendaki yang belum bisa dihubungi berasal dari Malang yakni Fanji, May, dan Abdul Halim,” kata Ubaid kepada wartawan.

Menurut Ubaid, para relawan dan petugas LMDH yang berusaha mencari ketiga pendaki melihat cahaya lampu laser di sekitar kawasan Bukit Sarang Klopo. Diduga cahaya itu merupakan sinyal permintaan tolong dari para pendaki yang terjebak. Para relawan begerak menuju lokasi tersebut.

“Ketiga pendaki terjebak di sekitar bukit sarang kelopo, ada cahaya laser yang kemungkinan dari para pendaki,” ungkapnya.

Kebakaran di Gunung Penanggungan semakin meluas. Kata Ubaid, api tak hanya membakar pohon dan semak belukar di lereng gunung. Namun juga sudah menjalar hingga kawasan puncak Penanggungan di ketinggian 1.653 mdpl.

Guna mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, pihaknya kata Ubaid, menutup 3 jalur pendakian di Tamiajeng, Jolotundo, dan Jedong. “Penutupan jalur pendakian kami lakukan hingga kondisi kebakaran benar-benar padam total,” katanya.

(ril)

Sumber : Pojoksatu.id