Gunung Meletus Di Korea Dipicu Oleh Eksperimen Nuklir?

Selasa, 23 Februari 2016

Indolionear.com – Bulan lalu, pemerintah Korea Utara (Korut) melakukan uji coba bom nuklir di pusat penelitian Punggye-ri. Celakanya, uji coba tersebut dikatakan ilmuwan mampu memicu letusan gunung berapi Paekdu yang tengah mati ‘suri’.

Perlu diketahui, eksperimen nuklir Korut bulan lalu menghasilkan gempa berkekuatan 5,1 skala Richter yang terasa ratusan kilometer dari pusat ledakan yang ada di dalam tanah. Nah, masalah bermula saat gunung berapi Paekdu letaknya hanya 70 mil dari pusat ledakan.

Nah, ilmuwan seismologi Korea Selatan, Hong Tae-kyung, mengungkapkan kekhawatirannya soal guncangan bom nuklir yang diperkirakan mampu mengaktifkan kembali gunung berapi Paekdu.

“Guncangan tanah kuat mengakibatkan efek dinamis luar biasa yang bisa menggoncang kubah magma di dalam gunung berapi Paekdu, berakibat pada peningkatan aktivitas vulkanis,” ujar Tae-kyung dalam makalah yang dipublikasikan di jurnal Nature.

“Ledakan nuklir bawah tanah dekat gunung berapi aktif menimbulkan ancaman langsung ke gunung itu,” lanjutnya.

Gung berapi Paekdu sendiri adalah gunung tertinggi di Korut yang posisinya berbatasan dengan China. Gunung ini pernah mengeluarkan salah satu erupsi paling dahsyat dalam sejarah manusia di tahun 946.

Ketika itu lava yang mengalir dari Paekdu diperkirakan mencapai ketebalan ratusan meter. Debu vulkanik dari letusan itu juga sampai tersebar hingga bagian utara Jepang. Tidak aneh bila Korea Selatan ikut khawatir akan uji coba nuklir Korut itu. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

loading...