Gunung Agung Meletus Akibatkan Terjadinya Hujan Abu

aktualcom/indolinear.com
Rabu, 22 November 2017
loading...

Indolinear.com, Karangasem – Hujan abu akibat letusan Gunung Agung pukul 17.05 WITA terjadi kemarin sore. Sejumlah warga melaporkan terjadinya letusan itu. Laporan itu kemudian diteruskan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) turun ke lapangan mengecek kebenaran informasi itu.

Dari hasil penelitian, hujan abu memang sudah terjadi di beberpa titik di Kabupaten Karangasem. “‎Tim Tanggap Darurat PVMBG sedang di lapangan dan sudah menemukan abu, tapi intensitas abu masih tipis,” ujar Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana, S 21 November 2017 lalu.

Ia meminta warga tetap tenang dan selalu mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG. “Kita terus monitor. Jadi semua tenang saja selama masih mengikuti rekomendasi PVMBG,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa juga membenarkan hujan abu yang terjadi salah satunya di Desa Sebudi.‎ “Ya memang terjadi hujan abu di Desa Sebudi,” katanya.

Pihaknya mengaku belum menerima laporan lagi daerah mana saja yang dihujani abu.Pihaknya mengimbau agar warga tetap tenang, status Gunung Agung saat ini berada dilevel III atau siaga. Saat ini jumlah pengungsi Gunung Agung sebanyak 29.245 jiwa di 278 titik pengungsian.‎ (Gie)

loading...