Google Meet Gratis Kini Dibatasi Selama 60 Menit Saja

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 4 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu aktivitas yang paling banyak kita lakukan kala pandemi ini adalah melakukan video konferensi. Google pun pada bulan April lalu mengizinkan konferensi tak terbatas di Google Meet. Layanan tersebut direncanakan gratis hingga 30 September saja, dan ternyata Google berpegang teguh dengan hal tersebut.

Pasalnya melansir dari Merdeka.com (03/10/2020), versi promo dari Google Meet ini akan diberhentikan mulai 1 Oktober mendatang, dengan pengguna gratis hanya akan mendapatkan durasi video konferensi selama 60 menit saja.

Layanan ini tetap tidak diperpanjang, meski rekomendasi untuk WFH dan social distancing masih marah didengungkan di negara-negara pengguna Google seperti AS, India, dan Indonesia.

Layanan ini pun dimanfaatkan dengan sangat baik oleh banyak pengguna. Mengingat sebuah akun Google bisa membuat rapat gratis dengan peserta hingga 100 orang, tanpa batas durasi.

Tak cuma panggilan konferensi yang akan dibatasi layanan gratisannya, beberapa fitur canggih lainnya juga akan dicabut untuk pengguna gratisan di G Suite dan G Suite for Education. Layanan yang dicabut berupa rapat dengan 250 peserta, live-stream ke 100.000 orang dalam satu domain, serta kemampuan menyimpan rekaman rapat ke Google Drive. Fitur tersebut akan hadir di G Suite Enterprise dengan biaya berlangganan 25 Dollar per bulan.

Penggratisan layanan ini dilakukan oleh Google dan banyak platform konferensi video lainnya, sebagai respon dari meroketnya popularitas Zoom di tengah pandemi. Google Meet sendiri akhirnya dapat meraih 100 juta pengguna harian pada April lalu.

Google Meet Sudah Diunduh Lebih Dari 50 Juta Kali

Ketika pandemi virus corona membuat orang terjebak di rumah masing-masing, pihak yang diuntungkan adalah mereka yang bisa membuat satu sama lain tetap terhubung.

Zoom adalah opsi populer, namun nampaknya opsi gratisan tetap yang terbaik. Terlihat dari plikasi video konferensi Google Meet kini telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store saja.

Aplikasi ini makin populer sejak Maret lalu, di mana di masa awal pandemi tersebut, aplikasi besutan Google tersebut telah diinstall 5 juta kali. Dalam 20 hari saja, angka ini sudah naik dua kali lipat, dan 5 kali lipat dalam waktu kurang dari sebulan berikutnya.

Meroketnya popularitas Meet tidak mengherankan. Pasalnya, layanan ini digratiskan untuk semua pengguna GMail.

Awalnya, Google Meet hanya gratis untuk pengguna GSuite. Penggratisan ini dilakukan kala hampir semua orang di dunia dihantam pandemi dan harus bekerja dari rumah.

Opsi ini lebih menarik ketimbang Zoom yang diharuskan membayar langganan untuk tidak dibatasi durasi meetingnya, serta Meet dianggap lebih aman setelah banyak kasus kebocoran privasi mulau dari penyalahgunaan data hingga Zoombombing. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: