Golkar Tunjuk Ilham Chair Jabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang

Selasa, 27 Agustus 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Partai Golkar secepatnya akan mengirimkan daftar nama yang akan menempati posisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten Tangerang. Ilham Chair akan dipercaya DPP Partai Golkar menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang.

Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Tangerang Muhamad Amud mengatakan, pihaknya hanya tinggal menunggu surat dari DPP terkait penetapan Ilham Chair sebagai wakil Ketua. Nama Ilham Chair muncurl setelah fraksi Partai Golkar menggelar rapat.

” Hasil kesepakatan kami di fraksi dan diusulkan ke DPP untuk mendapat surat putusan. Kita masih menunggu surat dari DPP. Dalam waktu dekat, insyaallah surat itu akan diserahkan ke Ketua DPRD Sementara,” katanya saat ditemui, Selasa (27/8).

Perlu diketahui, Partai Golkar merupakan partai pemenang ke tiga setelah PDIP Perjuangan, Partai Gerindra. Sedangkan Partai Demokrat menempati posisi ke empat. Sesuai UU MD3, maka Partai Golkar berhak mendapatkan kursi wakil pimpinan bersama Partai Gerindra dan partai Demokrat. Untuk posisi Ketua DPRD sendiri diberikan kepada PDIP Perjuangan.

Amud menjelaskan, kini Fraksi Partai Golkar tengah menyusun nama-nama yang akan duduk di AKD. Dibandingkan fraksi lain, Fraksi Partai Golkar memiliki kursi terbanyak yakni sembilan kursi. Ini setelah ada penambahan dua kursi dari Partai Nasdem dan 1 kursi dari Partai Hanura. Baik Nasdem dan Hanura menyatakan bergabung kedalam Fraksi Partai Golkar. Dengan bergabungnya partai Nasdem dan Hanura ke Fraksi Golkar, maka jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Tangerang berjumlah delapan fraksi. Ke delapan fraksi itu yakni, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi PPP, Fraksi PKB dan Fraksi PAN.

Sebelumnya, Ketua DPRD sementara DPRD Kabupaten Tangerang Akmaludin Nugraha menyatakan, postur AKD sudah terbentuk, seperti Badan Anggaran, Badan Kehormatan Dewan, Badan Musyawarah, Komisi dan Badan Legislasi. Postur AKD ini hanya tinggal menunggu pengesahan oleh ketua DPRD definitif.

” Soal siapa yang akan mengisi AKD, kami masih menunggu surat dari partai masing-masing. Itu ranahnya partai. Hanya saja postur AKD sudah terbentuk,” jelas Akmaludin, Senin (26/8).

Meski masih menunggu surat keputusan dari masing-masing partai politik, namun informasi yang beredar dikalangan wartawan, komposisi AKD sudah dibagi habis. Seperti Ketua Komisi I yang membidangi pemerintahan diberikan kepada Partai Golkar, Ketua Komisi II bidang Kesra dan kesehatan diberikan kepada Partai Demokrat, Ketua Komisi III bidang anggaran dan keuangan diberikan kepada Partai Gerindra, sedangkan Ketua Komisi IV yang membidangi pembangunan diberikan kepada PDI Perjuangan.

Untuk Ketua Badan Legislasi diberikan kepada PPP, dan untuk Ketua Badan Kehormatan Dewan diberikan kepada PKS.

Komposisi anggota Badan Anggaran yang berjumlah 26 orang pun sudah dibagi. PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar dan Demokrat, anggota yang masuk masing-masing berjumlah empat orang, PKS dan PPP masing-masing berjumlah tiga orang. PPP dan PAN masing-masing dua orang.

Untuk nama-nama ketua fraksi juga sudah beredar. Selain Muhamad Amud yang ditunjuk sebagai Ketua Faksi Partai Golkar, ada sejumlah nama yang juga sudah ditunjuk partai masing-masing sebagai ketua fraksi. Seperti H Kholid Ismail yang dipercaya PDI Perjuangan, Jayusman (Gerindra), Adi Tiya Wijaya (Demokrat), Rispanel (PKS) dan Ahyani (PPP). Sedangkan PAN dan PKB masih menutup rapat siapa yang akan menjabat sebagai ketua fraksi.(jde)

INDOLINEAR.TV