Gojek Dan Tokopedia Bergabung, Bakal Dorong Pesaing Melakukan Merger

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 3 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bhima Yudhistira, Ekonom INDEF turut berkomentar terkait dengan penggabungan Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo.

Menurut dia, integrasi antar kedua pemain ini merupakan momen sejarah yang sifatnya penggabungan dari sisi horizontal. Kedua pemain ini memiliki kelebihannya masing-masing.

“Kekurangannya pun ada, di mana Tokopedia belum memiliki sistem pembayaran yang terintergrasi. Seperti pesaingnya Shopee, punya Shopee Pay. Nah, dengan bergabungnya Gojek, bisa melengkapi ekosistem Tokopedia,” ungkap Bhima yang dilansir dari Merdeka.com (02/06/2021).

Di sisi lain, lanjut Bhima, penggabungan dua entitas unicorn ini akan menghasilkan market share yang lebih besar. Hal ini tidak lain merupakan strategi mereka untuk meningkatkan valuasi sebelum melantai di bursa saham.

“Sehingga ketika terjadi pelepasan saham ke publik, nilainya itu bisa meningkat,” kata dia.

Beragam pengembangan pun akan dilakukan, menurut Bhima. Seperti pengembangan digital wallet dan fintech landing.

“Bisa jadi, ke depan orang membeli barang dari Tokopedia bisa melakukan kredit melalui GoPay. Karena GoPay ini kan sudah ada paylatter,” ungkapnya.

Picu Pesaing Lakukan Merger

Menurut Bhima, saat ini pesaing terkuat Gojek dan Tokopedia adalah Shopee. Shopee boleh dibilang cukup lengkap memiliki ekosistem layanan yang dimilikinya.

“Berikutnya akan head to head dengan Shopee. Karena Shopee ini salah satu kompetitor yang paling kuat dan ekosistemnya mulai lengkap. Tapi intinya ya, pemain digital ini akan terkonsentrasi pada sedikit pemain. Yang sebetulnya akan menciptakan skema oligopoly,” kata dia,

Ketika hal ini terjadi, Bhima memperkirakan akan memicu pemain lain seperti Shopee dan Grab untuk melakukan merger.

“Game changernya, mungkin, Shopee dan Grab akan melakukan merger. Sebagai penanding dua unicorn ini bersatu,” ujarnya.

Gojek & Tokopedia Bentuk GoTo

Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo, yaitu grup teknologi yang menjadi ekosistem andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian. Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global. Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan. (Uli)