Gelar Juli Peduli, Bapenda Kabupaten Tangerang Hapus Denda PBB-P2

FOTO: Eksklusif Bapenda Kabupaten Tangerang for indolinear.com
loading...

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang menggelar program Juli Peduli. Di mana, selama Juli 2021 diberikan relaksasi atau insentif bagi wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja mengatakan, relaksasi atau insentif tersebut berupa penghapusan sanksi administrasi PBB-P2 apabila wajib pajak memiliki tunggakan. Penghapusan denda pun berlaku untuk seluruh masa atau tahun pajak dan buku golongan I sampai dengan V.

“Bagi wajib pajak PBB-P2 yang memiliki tunggakan, selama bulan Juli 2021 ada relaksasi atau insentif berupa penghapusan sanksi denda administrasi. Program Juli Peduli ini untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19,” ujar Soma, Jumat (2/7/2021).

Dia berharap, program Juli Peduli dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terutama wajib pajak untuk lebih taat dalam membayar pajak. Menurut dia, walau nilai pokok PBB-P2 cenderung murah, tetapi masyarakat seringkali lalai. Akibatnya, denda atau sanksi administrasi akan lebih besar dari nilai pokok PBB-P2.

“Kami menentukan tarif pajak dengan memperhitungkan kemampuan wajib pajak dan tingkat penerimaan wajib pajak. Pokok PBB-P2 cenderung sangat murah. Apabila lalai, maka wajib pajak akan dikenakan sanksi administrasi yang berlaku kumulatif 2 persen per bulan,” jelas Soma.

Sementara itu, Kepala Bidang PBB dan BPHTB Bapenda Kabupaten Tangerang Dwi Chandra Budiman mengatakan, program Juli Peduli berlaku secara otomatis dan sistematis. Namun, program tersebut belum berlaku untuk tahun pajak 2021 karena belum jatuh tempo.

“Pengecekan dapat dilakukan melalui aplikasi iPBB Kabupaten Tangerang dengan mengunduh terlebih dahulu di Play Store. Nanti yang muncul hanya PBB pokok, tidak ada denda,” ujar Dwi.

Masyarakat, lanjut dia, diberikan kemudahan dalam membayar PBB-P2, yaitu bisa melalui Bank BJB, Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, atau e-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Gopay, dan LinkAja. Pembayaran melalui Bank BJB pun dapat dilakukan dengan menggunakan m-Banking, i-Banking, atau SMS Banking.

“Kami mengimbau wajib pajak PBB-P2 untuk memanfaatkan program Juli Peduli ini, karena yang dibayarkan hanya PBB pokok saja,” pungkas Dwi.(ADV)