Gambaran Jelas Masa Depan Ketika 5G Makin Masif

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 16 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Teknologi jaringan generasi kelima atau 5G kini sedang hangat diperbincangkan. Tiga operator seluler di Indonesia yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL sudah mulai mengkomersilkan teknologi internet terbaru ini. Hanya saja jangkauannya masih terbatas. Perangkat pendukung 5G pun mulai dipasarkan seperti smartphone.

Teknologi ini menawarkan kecepatan internet yang super cepat dengan latensi rendah. Dengan kecepatan internet yang kencang itu, 5G diyakini mampu menciptakan peradaban baru. Tak hanya sekadar browsing cepat semata.

Lalu, seperti apa gambaran masa depan saat 5G semakin masif? Dilansir dari Merdeka.com (15/12/2021).

5G Menawarkan Hiburan ke Tingkat Lebih Tinggi

Pernahkah kamu membayangkan kalau kamu tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola tetapi kamu bisa merasakan duduk di barisan pertama lapangan?

Penggemar sepak bola akan dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar.

Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.

Semua Bisa Dikontrol Hanya dengan Klik

Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda.

Kamu tidak perlu lagi khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, sibuk memikirkan kewajiban untuk membersihkan kamar saat kamu sangat sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, sepanjang minggu.

Dengan jaringan 5G, kamu dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living, atau dengan kata lain teknologi 5G akan membuat hidup kamu jauh lebih efisien dan produktif.

Ucapkan Selamat Datang pada Dunia Virtual Reality

Kamu mungkin tidak akrab dengan istilah ini, tetapi jangan khawatir dan teruslah membaca! XR adalah istilah umum yang mencakup teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality.

Dengan menggunakan teknologi seperti 5G, AR, dan VR, kamu akan dapat menikmati pengalaman belanja online yang sepenuhnya imersif.

Teknologi XR di era 5G diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

Tak Ada Buffering saat Nonton Streaming

Semua orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita menatap video kosong karena koneksi buruk saat makan. Hal itu pasti akan sangat mempengaruhi suasana hati kita setelahnya.

Dengan 5G, kamu tidak akan mengalami situasi seperti itu lagi, karena teknologi generasi kelima ini menawarkan kecepatan internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Selain itu, pengguna dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram. Semua kemajuan itu akan dapat memenuhi kebutuhan jaringan yang lebih cepat dan canggih di tahun-tahun mendatang. (Uli)

loading...