Galeri Australia Kumpulkan Keping Lego Untuk Karya Seni Ai Weiwei

Sabtu, 31 Oktober 2015
loading...

Indolinear – Sebuah galeri Australia telah mengumpulkan kepingan Lego untuk diserahkan ke seniman Cina Ai Weiwei, setelah perusahaan Denmark itu menolak produknya digunakan untuk karya seni mengenai pembangkangan politik.

National Gallery Victoria (NGV) menginginkan warga Australia untuk menyumbangkan batubata mainan itu untuk dengan menaruhnya dari atap mobil yang terbuka, diparkiran galeri.

Galeri ini menggelar pameran karya Ai dan Andy Warhol pada Desember.

Sebelumnya Lego mengatakan memiliki kebijakan yang sudah berlaku sejak lama yaitu tidak menyediakan produknya bagi sebuah karya yang mengungkapkan pernyataan politik.

Ai merupakan tokoh yang pengkritik di Cina. Dia telah menggunakan Lego untuk membuat potret tokoh-tokoh pembangkang yang terkenal seperti Nelson Mandela and Edward Snowden.

Dia menyebutkan keputusan lego untuk tidak menjual produk kepada dia merupakan “tindakan sensor dan diskriminasi”.

NGV mengatakan koleksi kepingan itu merupakan yang pertama dibuat di luar Beijing.

Keping lego itu digunakan untuk sebuah instalasi di sebuah galeri di Melbourne tetapi NGV mengatakan donasi itu akan digunakan “untuk sebuah proyek baru yang dibuat oleh seniman”.

Ai telah menggatakan dia akan membuat karya serupa di lebih banyak kota setelah dibanjiri tawaran keping Lego dari para pendukungnya. (uli)

 

Sumber: Bbc.com