Gaji Anda Pas-Pasan Tapi Ingin Menabung, Berikut Lima Tipsnya

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 26 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Menabung jadi salah satu cara andalan untuk menjadi kaya. Namun, tidak semua orang bisa menabung. Terutama bagi mereka yang memiliki gaji pas-pasan, sehingga akan terasa sulit untuk menabung.

Untuk itu, bagi yang memiliki uang pas-pasan harus pintar-pintar mengatur keuangan agar bisa menabung. Menabung adalah soal kreativitas bukan akuntansi, sedikit kreativitas bisa membuat perubahan besar pada masalah uang.

Berikut tips menabung untuk Anda yang bergaji pas-pasan, dilansir dari Merdeka.com (24/02/2020).

Merawat Rumah dengan Baik

Biaya perumahan memang dapat menguras anggaran, karena selain pembayaran hipotek, biaya utilitas, pemeliharaan akan terus bertambah. Idealnya, total biaya perumahan tidak boleh melebihi 35 persen dari anggaran. Tetap awasi utilitas dan laksanakan pengelolaan konservasi, karena rumah yang dirawat dengan baik akan menghindari biaya perawatan yang mahal dan biaya perawatan tidak naik.

Hindari Utang

Hindari utang, karena utang merupakan masalah besar dalam keuangan, dengan adanya utang dapat menambah pengeluaran tiap bulannya. Siklus suku bunga ganas menjaga kebebasan finansial Anda. Fokuslah untuk bebas dari utang sesegera mungkin dan uang yang dihemat dapat digunakan lebih produktif. Mungkin tidak mungkin untuk menghentikan utang sekaligus, tetapi upaya untuk menjadi bebas utang secara bertahap harus dilakukan.

Refreshing dengan Sederhana

Memprioritaskan biaya untuk hal lain yang lebih penting daripada untuk bersenang-senang sangat bermanfaat. Boleh bersenang-senang, tetapi juga harus memerhatikan biaya dan dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, seperti makan malam di pinggir jalan bersama teman-teman, menonton tayangan favorit di internet atau televisi sambil makan popcorn, jadi tidak perlu ke bioskop, dan menggunakan kupon untuk menghemat.

Prioritaskan Kebutuhan

Banyak anggaran yang tergelincir karena pengeluaran yang tidak perlu, beli apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Hindari penawaran diskon pada hal-hal yang tidak menjadi kebutuhan, sehingga dapat menghemat uang dan dapat menabung.

Membuka Dua Rekening

Cara terbaik untuk melawan godaan adalah dengan membuka dua rekening bank. Satu untuk pengeluaran diskresioner dan satu lagi untuk tabungan. Jika saldo pada pada rekening dikresioner sudah habis, jangan menggunakan saldo pada rekening tabungan. Dengan menabung,dapat menjamin masa pensiun atau tujuan hidup lainnya. Menabung juga dapat membuat kehidupan yang bijaksana. (Uli)

INDOLINEAR.TV