Gadis Mesir Jadi Dubes RI Sehari Pada Peringatan IDG

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 6 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Cairo – Seorang gadis Mesir, Nancy Baha Eldien menjadi “Duta Besar” selama sehari saat berkunjung ke KBRI Cairo dalam rangka perayaan International Day of the Girl (IDG), pada Minggu (04/10/2020).

Selama berada di KBRI, peserta IDG diterima oleh KUAI KBRI Cairo, M. Aji Surya yang menjelaskan secara umum tentang visi dan misi Perwakilan RI di Mesir.

“Peringatan IDG di Mesir pada tahun ini dikoordinasikan oleh Kementerian Solidaritas Sosial Mesir dan organisasi nirlaba Plan International,” kata Aji dalam keterangannya, dilansir dari Tribunnews.com (05/10/2020).

Aji menjelaskan peringatan IDG di Mesir terdiri atas sejumlah kegiatan kemasyarakatan di Mesir, antara lain kegiatan Girls Take Over dan Egypt Girls Summit.

Peserta juga diberi kesempatan untuk berperan melaksanakan beberapa tugas kepala perwakilan RI antara lain memimpin rapat koordinasi tentang peningkatan citra dan promosi produk Indonesia di Mesir.

Aji mengatakan partisipasi KBRI Cairo dalam rangkaian kegiatan ini dinilai sangat positif untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai negara yang mendukung pengarus utamaan gender serta pemberdayaan perempuan.

Hal ini juga menjadi sarana diplomasi publik yang efektif kepada publik Mesir, terutama kepada kaum muda, untuk memperkenalkan Indonesia.

“Indonesia selain merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan kaya akan warisan budaya dan kuliner, juga merupakan negara yang moderat dan mendukung peran aktif kaum perempuan dalam pembangunan,” ujar Aji Surya.

Selain itu, peserta IDG juga berkesempatan mengikuti sharing session dan dialog bersama pejabat dan staf perempuan di lingkungan KBRI Cairo antara lain dengan Sekretaris I Politik,  Dian Ratri; Staf Administrasi, Hajar Abd. Manan dan Sekretaris Keppri, Nagla Elbayoumy.

Dalam hal ini, peserta mendapatkan informasi seputar isu perlindungan perempuan Indonesia, pemberdayaan gender dan peran penting perempuan dalam mensukseskan misi diplomasi Indonesia di Mesir.

Di akhir acara, peserta IDG dan pendamping menerima cindera mata berupa bahan souvenir, makanan dan produk khas Indonesia. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: