Freddie Mercury, Mulai Dari Perjalanan Hidup, Karier Hingga Percintaannya

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 7 September 2019

Indolinear.com, Jakarta – Siapa yang tak kenal pada Freddie Mercury. Meski sudah meninggal 28 tahun lalu, vokalis Band Queen ini tetap abadi di dunia musik dan juga para penggemarnya.

Hari ini, 5 September adalah tanggal kelahiran sang bintang. Freddie lahir pada 5 September 1946 lalu di Stone Town, Tanzania dan meninggal pada 24 November 1991 di Kensington, London, Inggris.

Freddie memiliki segudang kisah atas kehidupannya. Dilansir vdari Merdeka.com (05/09/2019), berikut ulasannya:

Lahir dengan Nama Farrokh Bulsara

Freddie Mercury diberi nama Farrokh Bulsara ketika lahir oleh kedua orangtuanya. Freddie lahir pada 5 September 1946 di Stone Town, Tanzania, dari orang tua Parsi yang berasal dari India.

Setelah tumbuh di Tanzania dan kemudian India, Freddie dan keluarganya kemudian pindah ke Middlesex, Inggris, pada 1964. Dia lantas mengganti namanya menjadi Freddie Mercury setelah memutuskan fokus terjun di dunia musik sebagai vokalis.

Sukses Dirikan Queen & Melegenda

Freddie Mercury membentuk Band Queen bersama Brian May (Gitaris), Roger Taylor (Drummer) pada 1970 di London, Inggris. Kemudian John Deacon direkrut menjadi basis. Nama Queen sendiri berasal dari usulan Freddie.

Tahun 1970 hingga 1990 adalah era keemasan Queen. Sederet lagu mereka hasilkan dan menjadi hits di dunia. Bahkan hingga kini lagu-lagu mereka masih sering diputar radio dan dinyanyikan orang di berbagai belahan dunia. Sebut saja ‘We Are the Champions’, ‘Somebody To Love’, ‘We Will Rock You’, ‘Love of My Life’, ‘Bohemian Rhapsody’ dan banyak lagi lainnya.

Belakangan, popularitas Freddie dan Queen kembali meroket, terutama di kalangan anak muda yang tak merasakan langsung kejayaan Queen pada tahun 70 dan 80-an. Hal ini merupakan efek suksesnya film ‘Bohemian Rhapsody’ yang dibintangi Rami Malek. Dalam film ini dikisahkan soal perjalanan Freedie Mercury bersama Queen dan personelnya.

Penyuka Sesama Jenis

Sepanjang hidupnya, Freddie Mercury tak pernah menikah. Namun, dia sempat menjalin hubungan dengan seorang perempuan bernama Mary Austin. Keduanya hidup bersama selama enam tahun (1970–1976).

Namun kemudian, Freddie sadar lebih menyukai pria ketimbang perempuan. Dia pun mengakui hal itu kepada Mary. Keduanya lantas memutuskan berpisah tapi tetap berteman baik. Freddie sempat berhubungan asmara dengan sejumlah pria. Namun hingga penghujung hidupnya, Freddie menjalin hubungan sejenis dengan Jim Hutton (1985–1991).

Meski demikian, sosok Mary Austin diakui Freddie adalah cinta sejati dan teman paling baik baginya. Bahkan lagu ‘Love of My Life’ didedikasikannya untuk Mary.

Meninggal karena AIDS

Freddie Mercury meninggal pada 24 November 1991 di Kensington, London, Inggris, karena AIDS. Orang pertama yang mengetahui dirinya terkena virus mematikan adalah Mary Austin. Bahkan Mary lah orang yang setia merawat Freddie.

Hari-hari terakhir menjelang kematiannya, kondisi Freddie sudah sangat menurun. Selain tak bisa meninggalkan tempat tidur, sang vokalis juga mulai kehilangan penglihatannya.

Mantan tunangan Freddie, Mary Austin, sempat menemani minggu-minggu terakhir dalam hidup sang vokalis. Dalam sebuah wawancara dengan majalah OK, Mary menyebut kala itu Freddie menolak pengobatan demi mempercepat kematiannya. Untuk mengurangi penderitaannya, Freddie hanya memilih untuk minum obat penghilang rasa sakit.

Saat kondisinya semakin parah, Mary terus setia merawatnya. Sampai-sampai Freddie menyebutnya sebagai ‘The Old Faithful’. (Uli)