Forkopimda Kabupaten Tangerang Panen Raya di Tengah Pandemi

FOTO: rahmat/indolinear.com
Rabu, 11 November 2020
loading...

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang melaksanakan panen raya jagung hibrida dan ikan lele di Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/11/2020). Panen raya itu merupakan hasil dari program Kampung Tangguh Nusantara.

Ade mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara didesain untuk penguatan ketahanan pangan. Pada pelaksanaannya, program ini melibatkan TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat.

“Penggarapan lahan tidur itu merupakan bagian dari Kampung Tangguh Nusantara guna menguatkan ketahanan pangan,” katanya dalam keterangan tertulis.

Ade menjelaskan, jagung hibrida dan ikan lele yang dipanen tersebut berasal dari lahan tidur yang digarap jajaran Polresta Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, unsur Pemkab Tangerang, dan masyarakat. Hasil panen pun sepenuhnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dia berharap, dengan panen raya itu dapat membantu meringankan beban masyarakat, terutama di masa pandemi. Selain itu, kegiatan pemanfaatan lahan tidur hingga panen raya dapat menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk makin produktif.

“Pemanfaatan lahan tidur melibatkan masyarakat dalam penggarapannya, sehingga masyarakat diajak untuk aktif dan produktif memanfaatkan berbagai media untuk bercocok tanam ataupun beternak,” paparnya.

Ade menyebut, konsep Kampung Tangguh Nusantara juga mengusung skema mengajak masyarakat untuk produktif di bidang kerajinan tangan dengan berbagai macam produk. Menurutnya, masyarakat harus didorong untuk produktif sembari terus diimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Sehingga kesehatan pulih, ekonomi bangkit,” ujar Ade.

Hadir pada panen raya itu antara lain Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Bangun I.E. Siregar, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan, dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin.

Mad Romli mengatakan, panen jagung hibrida dan ikan lele ini merupakan yang kedua kali. Panen sebelumnya dilaksanakan di Desa Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya.

“Saya berharap agar program ketahanan pangan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dengan konsisten di Kabupaten Tangerang, mengingat di samping tantangan sosial yang kita hadapi saat ini, Kabupaten Tangerang sendiri memiliki wilayah dengan banyak potensi sumber daya alam yang masih ada dan bisa dikembangkan,” ucapnya.

Menurut Mad Romli, program Kampung Tangguh Nusantara terlaksana secara baik dan konsisten di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang. Dia berharap, program ketahanan pangan ini bisa mengubah pola pikir masyarakat untuk menjadi kreatif dan produktif. (srh)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: