Fokus Perangi Wabah Virus Korona, China Menunda Sidang Parlemen Tahunan

FOTO: inews.id/indolinear.com
Rabu, 19 Februari 2020

Indolinear.com, Beijing – China kemungkinan menunda sidang parlemen tahunannya, lantaran masih berjuang mengendalikan wabah virus korona tipe baru.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, dewan penguasa China akan membahas rancangan keputusan penundaan Kongres Rakyat Nasional (NPC) selama 10 hari, menjelang pertemuan yang akan dimulai pada 5 Maret.

Pertemuan puncak parlemen diadakan setiap tahun pada Maret selama 35 tahun terakhir.

Lebih dari 70.000 orang terinfeksi oleh wabah COVID-19 di daratan China, yang dimulai di Provinsi Hubei tengah dan menyebar ke seluruh China dan ke negara-negara lain.

Virus itu kini sudah merenggut 1.770 nyawa dan mendorong penutupan banyak sekolah, tempat hiburan, dan acara berskala besar di seluruh China.

“Pertemuan Komite Tinggi Politbiro elit China pekan depan diharapkan membahas rancangan keputusan untuk menunda sesi tahunan ketiga NPC ke-13,” demikian dilansir dari Inews.id (18/02/2020).

“(Komite) juga akan meninjau keputusan pelarangan perdagangan satwa liar ilegal dan menghilangkan kebiasaan buruk memakan hewan liar untuk menjamin kehidupan, kesehatan, dan keselamatan manusia,” lapor Xinhua.

Virus ini diyakini berasal dari pasar hewan liar di Wuhan, ibu kota Hubei, tempat virus tersebut diduga berasal sebelum menyebar di antara manusia.

Komite Tinggi akan bertemu membahas keputusan itu pada 24 Februari. (Uli)

INDOLINEAR.TV