Final Four Dan Grand Final Proliga 2020 Resmi Ditiadakan

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 20 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Panitia Pelaksana (panpel) Proliga 2020 resmi meniadakan final four dan grand final karena pandemi virus corona.

Menurut Direktur Prolig, Hanny S Surkatty, keputusan itu diambil setelah mengadakan rapat bersama dan sudah dikomunikasikan dengan seluruh tim.

“Peniadaan ini sudah kami sampaikan kepada tim-tim yang sudah memastikan lolos ke final four, baik secara tertulis melalui surat maupun secara lisan,” kata Hanny S. Surkatty, dilansir dari Kompas.com (19/03/2020).

“Perkembangan penyebaran virus corona yang meningkat dengan cepat membuat kami meniadakan final four dan grand final,” ucap Hanny menambahkan.

Satu hari sebelum memutuskan meniadakan, panpel Proliga 2020 sempat berencana melanjutkan final four dan grand final dengan memindahkan lokasi dan digelar tanpa penonton. Namun pada akhirnya panpel Proliga 2020 meniadakan final four dan grand final dengan tiga pertimbangan.

Pertama, pemberitaan resmi yang disampaikan Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah akibat virus corona (covid-19) sampai tanggal 29 Mei 2020.

Kedua, surat dari FIVB selaku Badan Tertinggi Bola Voli Dunia terkait dengan penghentian pertandingan yang disebabkan oleh dampak wabah Virus Corona (Covid-19).

Dan ketiga, final four dan grand final tidak mendapat ijin penyelenggaraan dari pihak keamanan.

Untuk diketahui, empat tim yang lolos ke final four Proliga 2020 adalah Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi (JPE), Bhayangkara Surabaya Samator, dan Palembang Bank Sumsel Babel di kategori putra.

Sementara itu pada kategori putri, empat tim yang akan bertanding adalah Jakarta Pertamina Energi, Bandung bjb Tandamata, Jakarta PGN Popsivo Polwan, dan Jakarta BNI 46.

Adapun jadwal final four pertama sebelum ditiadakan adalah 3-5 April 2020 di GOR Joyoboyo Kediri, dan untuk final four kedua di GOR Sritex Arena, Solo, 10-12 April 2020. Sementara itu, grand final yang dijadwalkan 18 dan 19 April 2020 dilangsungkan di GOR Amongrogo Yogyakarta. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: