Filter Udara Ini Diklaim Membunuh Virus Covid-19, Efektif?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 25 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengungkap sejumlah kemungkinan mode penularan virus Covid-19. Hal ini berupa selain kontak langsung dan droplet (air liur), udara juga bisa jadi medium penularan.

Meskipun penularan virus corona melalui airbone adalah hal langka, tapi semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan penularan SARS-CoV-2 melalui udara bisa terjadi, dan hal ini penting untuk diwaspadai.

Untuk mencegah penularan virus corona melalui udara, peneliti di University of Houston, menemukan filter udara yang tidak hanya mampu menjebak atau menangkap partikel virus corona di udara, tetapi juga dapat membunuhnya.

Mengutip dari Merdeka.com (24/08/2020), filter udara ini dibuat menggunakan busa nikel yang tersedia secara komersial dan telah dipanaskan hingga 200 derajat Celcius.

Bunuh 99,8 Persen Virus

Berdasarkan uji coba yang telah mereka lakukan, filter udara itu mampu membunuh 99,8 persen virus dengan cepat.

Virus ini disebut tidak dapat bertahan hidup pada suhu lebih dari 70 derajat Celcius. Dengan menaikkannya hingga 200 derajat Celcius, alat canggih ini berhasil membunuh virus secara instan.

Mengingat busa nikel sudah tersedia di pasaran, memungkinkan sejumlah produsen untuk mulai memproduksi filter udara ini secara massal.

Alat ini bahkan bisa diintegrasikan ke dalam bangunan seperti kantor dan pusat perbelanjaan, di mana kerumunan orang yang lebih besar berkumpul.

Pun demikian, bukan berarti social distancing dan pemakaian masker tidak lagi diperlukan, namun solusi itu akan menciptakan kondisi yang lebih aman. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: