FIBA Asia Cup 2022: Skema Timnas Basket Indonesia Lolos Piala Dunia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 14 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Timnas basket Indonesia mengawali langkah di FIBA Asia Cup 2022 dengan manis.

Timnas basket Indonesia yang diisi oleh Marques Bolden, Andakara Prastawa, Yudha Saputera, dll berhasil memenangi laga perdana kontra Arab Saudi.

Pertandingan Indonesia vs Arab Saudi di Istora Senayan, GBK, Selasa (12/7/2022) berakhir dengan skor 80-54.

Marques Bolden menjadi bintang usai membuat 36 poin dan 16 rebounds.

Kemenangan timnas basket Indonesia tersebut membuat langkah mereka terbuka untuk lolos perempat final FIBA Asia Cup 2022 sekaligus Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup 2023 mendatang.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan tuan rumah FIBA World Cup 2023, tetapi tidak otomatis lolos ke Piala Dunia, dilansir dari Kompas.com (13/07/2022).

Awal yang Manis, tetapi…

Kemenangan tim Merah Putih atas Arab Saudi memberikan secerca harapan Indonesia lolos ke perempat final FIBA Asia Cup 2022.

Untuk bisa menjadi juara Grup A, tentu harus mengalahkan dua lawan berikutnya Yordania dan Australia.

Yordania ada berada di atas satu level dibanding Arab Saudi. Sementara Australia merupakan juara bertahan FIBA Asia Cup 2022.

Status juara grup dipastikan ke perempat final FIBA Asia Cup 2022. Tetapi tidak untuk runner-up grup.

Peringkat kedua atau runner-up dan urutan ketiga akan masuk babak kualifikasi lanjutan untuk masuk delapan besar. Runner-up Grup A akan bertemu dengan peringkat tiga Grup B.

Begitu sebaliknya. Pun demikian dengan runner-up Grup C akan bertemu dengan peringkat ketiga Grup D. Begitu sebaliknya.

Butuh Keajaiban

Indonesia sudah memiliki satu kemenangan, artinya dipastikan melaju ke babak kualifikasi lanjutan jika tak mampu menjadi juara Grup A.

Kondisi paling buruk adalah kalah dari Yordania dan Australia kendati hal tersebut tak ingin terjadi. Jika demikian, Indonesia akan menempati peringkat ketiga dan berpeluang bertemu dengan runner-up Grup B (besar kemungkinan adalah China).

Pada Grup B, China yang diprediksi juara grup nyatanya kalah dari Korea Selatan, 81-93. Indonesia akan lebih “nyaman” jika finis di peringkat kedua, yang artinya akan bertemu peringkat ketiga Grup B.

Dalam konteks ini, Indonesia diprediksi bertemu dengan Taiwan dari Grup B. Taiwan baru saja mengalahkan Bahrain, 102-84.

Kendati Taiwan menang 18 poin dari Bahrain, level mereka masih di bawah Korea Selatan maupun China. Namun, tak memungkiri adanya keajaiban di mana Indonesia bisa melaju ke perempat final FIBA Asia Cup 2022 lewat jalur juara grup.

Sejauh ini, Indonesia belum bisa mengalahkan Yordania dan Australia. Tetapi, bola itu bulat. (Uli)

loading...