Festival Situ Bungur Diharap Pacu Warga Jaga Lingkungan

sophie/indolinear.com
Minggu, 5 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Pariwisata Kota Tangsel mengharapkan Festival Situ Bungur yang dilaksanakan tiap tahun dapat menggugah semangat warga menjaga lingkungan. Situ Bungur yang terletak di bilangan Pondok Ranji, Ciputat Timur ini merupakan salah satu daerah resapan air Kota Tangsel yang perlu dijaga kebersihannya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Judianto mengatakan, pihaknya menjadikan kawasan Situ Bungur menjadi destinasi wisata atau wahana keluarga dengan dua tujuan utama. Pertama untuk menjamin kualitas airnya tetap baik dengan menggugah kesadaran masyarakat yang datang. Kedua, menjadi lokasi wisata untuk memberikan ruang terbuka hijau bagi masyarakat Tangsel.

“Untuk menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kondisi lingkungan Situ Bungur, kami menjadikannya sebagai destinasi wisata dan wahana keluarga. Caranya melalui Festival Situ Bungur ini,” terang Judianto, Sabtu (04/11/17).

Judianto meyakini pelaksanaan festival di kawasan Situ Bungur dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan  keberadaan situ tersebut. Salah satunya diharapkan dapat menggugah semangat dan memberikan inspirasi bagi pihak lainnya untuk membangun komitmen dan kepedulian terhadap keberadaan situ.

“Jadi kami mencoba membangun kesadaran bersama menjaga lingkungan dengan Festival Situ Bungur,” katanya.

Judianto berharap berharap masyarakat dapat merawat dan melestarikan situ. Situ bukan hanya urusan Pemkot saja, tetapi masyarakat pun harus terlibat untuk merawat keberadaan situ.(sophie/fin)