Fenomena Langka, Gurun Di Arab Saudi Dan Aljazair Diselimuti Salju

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 27 Maret 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bayangan pertama yang muncul ketika kata gurun disebut adalah tanah gersang dan tandus, yang hanya berisi pasir. Kondisinya sangat kering dan terik, tanpa tanda-tanda adanya air atau kehidupan.

Namun, siapa sangka bahwa gurun juga terkadang pernah diselimuti salju yang indah. Seperti salju yang menutupi sebagian gurun pasir di Sahara berikut ini.

Dilansir dari Dream.co.id (25/03/2021), hujan salju yang langka telah melanda Gurun Sahara dan beberapa bagian Arab Saudi juga. Hamparan selimut salju berwarna putih membuat gurun terlihat sangat indah.

Tahun Ini Suhu Turun Hingga Minus 2 Derajat Celcius

Hujan salju turun karena suhu di seluruh sebagian wilayah Arab Saudi dan Afrika mengalami penurunan hingga minus 2 derajat Celcius pada 20 Januari 2021.

Meski suhu di Gurun Sahara biasanya bisa naik hingga 50 derajat, namun di bulan Januari 2021 ini suhu berada dalam kondisi tidak biasa.

Tidak diragukan lagi, fenomena alam yang tidak biasa ini telah menarik perhatian banyak orang. Beberapa bahkan meninggalkan rumah mereka untuk menikmati salju dan mengambil foto untuk diunggah di media sosial.

Pertama Kalinya dalam 100 Tahun

Meski mengguyur sebagian Arab Saudi, namun hujan salju paling deras terjadi di Aseer, yang terletak di sebelah selatan Mekah, di sepanjang pantai Laut Mati.

Bukan hanya pertama kalinya hujan salju langka turun setelah lebih dari 50 tahun, fenomena alam kali ini merupakan pertama kalinya dalam seratus tahun suhu turun serendah 2 minus derajat Celcius.

Hujan salju lebat juga tercatat di seluruh wilayah lainnya, termasuk di Aljazair, Lebanon, Iran, dan Suriah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: