Fenomena Alam Aneh, Hujan Salju Di Gurun Paling Kering Di Bumi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 17 Oktober 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai peristiwa aneh menampakkan diri di dunia. Salah satunya adalah turunnya salju di gurun pasir.

Seperti diketahui gurun pasir merupakan kawasan yang kering di muka Bumi. Tidak ada air yang mengalir maupun hujan yang turun di wilayah tersebut.

Namun banyak yang terkejut dengan munculnya hamparan salju yang tebal di sebagian Gurun Atacama yang berada di negara Chile, dilansir dari Dream.co.id (15/10/2021).

Turun Salju di Gurun Paling Kering di Bumi

Padahal gurun yang terletak dekat kota San Pedro de Atacama ini termasuk dalam salah satu tempat atau wilayah paling kering di Bumi.

Namun pada pekan lalu, tiba-tiba turun hujan salju yang lebat di sebagian wilayah gurun hingga menciptakan hamparan salju yang tebal.

Tumpukan salju di gurun yang berjarak 750 mil dari Santiago itu dianggap sebagai salju paling tebal dalam tiga dekade terakhir.

Salju Tahun Ini Terasa Aneh

Sementara itu, seorang pegawai Pusat Meteorologi Chile Utara, Daniel Diaz, mengatakan fenomena turun salju tahun ini sedikit aneh.

” Fenomena ini tidak terjadi setiap tahun. Mungkin salju yang agak tebal seperti hari ini bisa terjadi setiap dua atau tiga tahun.

” Namun kalau turun pada akhir Agustus adalah sesuatu yang agak luar biasa karena salju biasanya turun di bulan Juni dan Juli,” kata Diaz.

Menyenangkan Tapi Menimbulkan Keresahan

Dalam beberapa foto dan video, tampak mobil-mobil tertutup salju tebal. Sementara anak-anak bermain salju setebal 15 cm.

Sebagian warga ramai-ramai memanfaatkan suasana langka untuk berfoto selfie dengan latar belakang hamparan salju tebal.

Beberapa jalan terpaksa ditutup untuk lalu lintas akibat cuaca yang luar biasa aneh di kawasan yang hanya menerima hujan beberapa milimeter setiap tahun.

Meski menyenangkan bagi warga sekitar gurun, tapi fenomena alam yang aneh ini telah menimbulkan keresahan.

Masalahnya, hujan dan salju yang mencair bisa menyebabkan banjir besar di sekitar kota San Pedro de Atacama. (Uli)