F1 GP Bahrain 2020 Digelar Tanpa Penonton Gara-Gara Virus Corona

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 10 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Bahrain – Formula 1 GP Bahrain musim 2020 dipastikan akan bergulir tanpa penonton sebagai imbas penyebaran virus corona.

Kepastian itu diumumkan oleh pihak penyelenggara balapan pada Minggu (8/3/2020) waktu setempat. F1 GP Bahrain yang rencananya digelar pada 20-22 Maret mendatang terpaksa digelar tanpa penonton untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Setelah berkonsultasi dengan pihak berwenang, termasuk negara penyelenggara, kami dan Bahrain memutuskan untuk menggelar F1 GP Bahrain tanpa penonton,” tutur pernyataan resmi pihak penyelenggara seperti dikutip dari Kompas.com (09/03/2020).

“Mengingat penyebaran virus corona secara global, maka mengadakan event olahraga yang terbuka untuk umum tidak tepat dilakukan pada saat ini,” ujar penyelenggara menambahkan.

GP Bahrain menjadi balapan F1 kedua musim 2020 yang terkena dampak penyebaran virus corona. Sebelumnya, GP China yang seharusnya digelar pada 17-19 April mendatang terpaksa ditunda.

Hingga saat ini sudah ada 79 kasus positif virus corona di Bahrain. Kebanyakan dari korban positif itu terinfeksi virus corona setelah berpergian dari Iran. Sebagai bentuk pencegahan, Bahrain telah menangguhkan penerbangan ke sejumlah destinasi.

Tidak hanya itu, Bahrain juga mewajibkan warganya atau pendatang yang berasl dari Italia, Korea Selatan, Mesir, dan Lebanon, untuk mengisolasi diri selama dua pekan setelah sampai ke Bahrain.

Terkait dengan GP Bahrain, penyelenggara sebenarnya sudah memperjual belikan tiket namun akhirnya harus dikembalikan.

Bahrain nantinya hanya akan disaksikan langsung oleh tim peserta sekaligus media yang sudah terakreditasi.

“Tindakan awal Bahrain sendiri untuk mencegah, mengidentifikasi, dan mengisolasi kasus-kasus individu dengan Covid-19 telah sangat berhasil hingga saat ini,” ujar penyelenggara.

“Demi menjaga antusiasme penggemar, balapan GP Bahrain tetap bisa disaksikan lewat tayangan televisi,” kata penyelenggara menambahkan.

Seri pertama F1 musim 2020 akan berlangsung di Sirkuit Melbourne, Australia, pada 13-15 Maret mendatang. GP Australia sendiri sudah dipastikan tetap digelar sesuai jadwal dan bisa dihadiri oleh penonton di tengah wabah virus corona. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: