Estimasi Harga All New Honda BR-V, Naik Mulai Rp 20-an Juta

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 6 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mengumumkan kehadiran dari BR-V generasi terbaru. All New Honda BR-V mendapatkan ubahan desain, fitur hingga teknologi keselamatan. Sayangnya, meski sudah memperlihatkan utuh generasi kedua BR-V tersebut, pihak Honda belum membocorkan berapa harga lengkap kelima varian model baru tersebut.

Mereka hanya menginformasikan jika BR-V terbaru akan ditawarkan dalam lima varian yakni S MT, E MT, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing. Terkait angka, hanya diberikan informasi harga awal Rp 260 jutaan untuk varian terendah.

“Harga masih dihitung karena saat ini kami baru menyerahkan ke pemerintah untuk dihitung beragam aspek mulai dari emisi sampai nanti berapa besaran pajak yang diterapkan. Harga mulai Rp 260 jutaan dan sudah bisa dipesan di dealer Honda terdekat,” ucap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, dilansir dari Oto.com (04/10/2021).

Berapa besaran estimasi harga yang akan diberlakukan untuk BR-V terbaru ini. Pasalnya, untuk menawarkan ke calon konsumen, termasuk soal perhitungan biaya dan lainnya, setidaknya pihak penjual sudah memiliki estimasi tersendiri mengenai harga BR-V terbaru ini.

Penelusuran tersebut membuahkan hasil. Dari beberapa dealer Honda di seputar Jabodetabek, sudah mempersiapkan perkiraan harga untuk SUV terbaru Honda tersebut. Mengambil start harga terendah Rp 260 juta, BR-V terbaru diperkirakan tembus hingga Rp 320 juta. Detailnya, varian S MT dibanderol Rp 260 juta, E MT dibanderol Rp 275 juta, dan E CVT dibanderol Rp 285 juta. Kemudian varian teratas Prestige dan Prestige dengan Honda Sensing dibanderol Rp 300 juta dan Rp 320 juta. Jika dibandingkan dengan harga yang ada saat ini berarti naik antara Rp 20-40 juta.

Tipe     NIK 2021        NIK 2022*

1.5 S M/T        Rp 239.500.000          Rp 260.000.000

1.5 E M/T        Rp 254.600.000          Rp 275.000.000

1.5 E CVT       Rp 263.800.000          Rp 300.000.000

1.5 E PRESTIGE A/T            Rp 279.600.000          Rp 320.000.000

* Harga estimasi

“Ini harga masih estimasi. Perkiraan. Dari perhitungan kami sekitar ini bisa lebih atau kurang. Banyak calon konsumen juga bertanya untuk memperkirakan budget mereka memilih varian BR-V baru meski tahu pengiriman baru dilakukan tahun depan,” ucap salah seorang tenaga penjual yang dihubungi.

Soal harga ini pihak Honda sebenarnya sudah mengungkapkan perkiraan Rp 260 juta merupakan harga sebelum potongan dan pengurangan harga lainnya. Ini untuk menjawab pertanyaan apakah nantinya BR-V baru ini akan ikut diskon PPnBM 100 persen hingga akhir tahun.

Pihak Honda mengungkapkan karena baru diantarkan pada awal 2022, maka kemungkinan tidak akan ikut PPnBM, sehingga perkiraan harga sudah dihitung tanpa kemudahan diskon tersebut. Kecuali kebijakan ini diperpanjang untuk menggenapkan waktu satu tahun hingga Maret tahun depan, BR-V ini bisa memperoleh diskon PPnBM 100 persen.

Kembali soal pemesanan BR-V baru, tenaga penjual juga sudah membuka pemesanan. Cukup dengan booking fee Rp 10 juta, calon konsumen sudah bisa menjadi pemilik awal BR-V generasi terbaru dengan harga yang mengikat hingga pengantaran tahun depan. “Kalau pesan sekarang dipastikan ikut harga pre order. Tidak berubah saat nanti diantar 2022. Setiap awal tahun pasti harga berubah karena ada perhitungan kurs, inflasi dan lainnya, jadi harga tetap,” ucap tenaga penjual Honda tersebut.

Sebelumnya, info mengenai harga BR-V terbaru sudah diketahui lebih dulu dari pengumuman Permendagri No 40 Tahun 2021 yang memperlihatkan besaran NJKB serta PKB BR-V terbaru. Dari daftar tersebut terlihat NJKB dan PKB BR-V terbaru mulai Rp 180 juta untuk varian terendah dan Rp 217 juta untuk varian teratas.

Menarik melihat harga resmi yang dikeluarkan Honda, sebab harga BR-V terbaru ini juga beririsan dengan HR-V yang sebelumnya hadir sebagai model di atas BR-V. Saat ini HR-V teratas dijual dengan harga Rp 340 jutaan dengan diskon PPnBM 100 persen.

Meski demikian keduanya menawarkan pendekatan berbeda untuk calon konsumen. Bagi yang menginginkan kemampuan angkut tujuh penumpang bisa melirik BR-V terbaru, sedangkan untuk yang tetap ingin kapasitas 5 penumpang dan kemampuan SUV modern, bisa melirik HR-V. (Uli)