Esports Akan Masuk Ekstrakulikuler Tingkat SMP Dan SMA

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 12 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Ashadi Ang mengatakan, sedang mengupayakan agar esports masuk dalam kegiatan ekstrakulikuler di tingkat SMP dan SMA. Saat ini pihaknya telah menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Rencananya ekskul ini dimulai Januari 2022,” kata dia, dilansir dari Merdeka.com (11/01/2022).

Lebih lanjut Ashadi mengungkapkan untuk tahap awal ekskul ini akan dilakukan di beberapa sekolah swasta di Pulau Jawa. Nantinya, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan pula di sekolah-sekolah negeri.

“Sekolah negeri belum, karena harus menunggu tahun ajaran baru,” ungkapnya.

Perlu diketahui, ekskul ini bukan sebagai kurikulum yang diwajibkan kepada murid dan diterima oleh orangtua. Meski begitu, pihaknya berharap agar esports juga dapat masuk lebih dalam ke kurikulum sekolah.

“Karena masih ekskul, ini bukan kurikulum yang bisa dipaksakan ke orang tua dan murid sendiri. Oleh sebab itu, kita tidak akan menerima murid tanpa persetujuan orang tua. Tapi kita berahap bisa masuk kurikulum kelak. Nah, sebelum ke sana, kita bereskan dulu ekosistemnya dan ekses negatif tentang esports di masyarakat,” ujar dia.

Sebagai langkah awal, PBESI sudah melakukan pelatihan esports kepada guru-guru dan pelatih agar nantinya pelajaran di ekstrakulikuler sesuai dengan standar telah dibuat.

“Beberapa minggu lalu kita sempat mengadakan pelatihan soal esports kepada guru dan coach, mereka mendapatkan informasi dan materi ekskul yang sesuai dengan standar,” terang dia. (Uli)